Besok, 9 Ton Obat dan Alat Kesehatan dari Tiongkok Tiba di Tanah Air Petugas memindahkan obat-obatan dan alat kesehatan ke dalam kargo C-130 Hercules C130 Skuadron Udara 32 Wing Udara 2 TNI AU, di Bandara Internasional Pudong, Shanghai, Tiongkok, Sabtu (21/3). ANTARA F

MerahPutih.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut pesawat Hercules C130 yang terbang ke Shanghai, Tiongkok guna mengangkut peralatan dan obat untuk membantu kesembuhan pasien virus COVID-19 bakal tiba, Senin (23/3)

"Jadi informasi pengambilan obat di Shanghai, kita sudah terbangkan kemarin satu pesawat Hercules dengan kapasitas membawa peralatan maupun obat kurang lebih 9 ton," kata Hadi dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Minggu (22/3).

Baca Juga

Pesawat TNI AU Bawa 9 Ton Peralatan Medis dari Tiongkok

Obat dan peralatan untuk penanganan Corona itu akan menjadi tanggung jawab Kepala BNPB Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Dan barang-barang itu menjadi tanggung jawab Kepala Gugus Tugas, sehingga nanti akan digudangkan di Halim dan besok akan diterima oleh Wamenhan dan Kasum TNI," ujarnya.

Truk pengangkut bantuan alat kesehatan dari Tsingshan Charity Foundation untuk penanggulangan wabah COVID-19 di Indonesia saat tiba di Bandara Internasional Pudong, Shanghai, China, Sabtu (21/3). (ANTARA)
Truk pengangkut bantuan alat kesehatan dari Tsingshan Charity Foundation untuk penanggulangan wabah COVID-19 di Indonesia saat tiba di Bandara Internasional Pudong, Shanghai, China, Sabtu (21/3). (ANTARA)

Sementara itu pemerintah memastikan akan segera mengoperasikan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat penanganan pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

Hari ini instalasi alat medis portabel akan diakhiri dengan gladi resik dan rumah sakit darurat bisa dioperasikan besok Senin (23/3).

Baca Juga

Prabowo dan Doni Monardo Diminta Pimpin Penanggulangan Corona

Seperti diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta TNI mengambil bantuan untuk pemerintah Indonesia dari Tiongkok.

Bantuan yang diberikan tersebut merupakan bantuan tahap pertama. Nantinya Tiongkok akan mengirimkan lebih dari 20 ton lagi alat bantu mengatasi virus corona yang akan kembali diangkut oleh Pemerintah Indonesia. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH