Berwisata ke Pangandaran tak Lengkap Tanpa Sajian Sup Pindang Gunung Pindang gunung. (Foto: Instagram @belajar_masakanrumahan)

PANGANDARAN terus tumbuh sebagai destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Kabupaten yang sebelumnya masuk kawasan Ciamis punya potensi wisata alam pegunungan dan pantai yang sudah terkenal bahan ke luar Jawa Barat. Belakangan pemerintah Jawa Barat tengah mendorong Pangandaran sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Tak hanya keindahan alamnya, Pangandaran juga didukung dengan potensi wisata kuliner yang besar. Ada banyak olahan bahari dan kudapan tradisional yang berciri khas Pangandaran atau Ciamis selatan. Salah satunya yang cukup terkenal yaitu pindang gunung.

Pindang gunung awalnya disebut-sebut olahan khas Ciamis selatan, dari Pangandaran, Parigi, Cijulang, hingga Cimerak. Kemudian setelah menjadi kabupaten sendiri, pindang gunung menjadi kuliner khas setempat yang turut mendongkrak wisata pantai di sana.


1. Pindang gungu sup ikan asli Pangandaran

Pindang gunung. (Foto: instagram.com/gita_mamagita)
Pindang gunung. (Foto: instagram.com/gita_mamagita)

Pindang gunung merupakan sup ikan dengan cita rasa khas dari Pangandaran. Olahan ikan laut itu bercita rasa khas dengan campuran rempah-rempah resep tradisional. Kekhasan pindang gunung ini yang membuat para pelancong selalu mencarinya, khususnya pecinta kuliner laut.

Pindang gunung biasanya menggunakan ikan kakap. Namun, ada juga beberapa menggunakan ikan lain seperti tongkol, carwang, atau ikan laut lain berdaging tebal. Selain ikan laut, enak juga menggunakan ikan tawar seperti ikan mas, nila, mujaer, atau gurame. Pemilihan ikan tergantung selera terutama untuk kamu yang membuatnya di rumah.

2. Pantai Pangandaran surganya pindang gunung

Pindang gunung. (Foto: instagram.com/tilastapibranded)
Pindang gunung. (Foto: instagram.com/tilastapibranded)

Pindang gunung dapat ditemukan di tempat-tempat makan di kawasan wisata Pantai Pangandaran. Bagi Anda yang berwisata ke Pantai Pangandaran, salah satu yang banyak digemari pengunjung yaitu tempat makan seafood di kawasan Pasar Pantai Timur Pangandaran. Pasar ikan legendaris ini mudah dicari dan jaraknya tidak jauh dari pantai. Kamu bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki.

Kawasan wisata Pantai Pangandaran yang dibangun sedemikian rupa memudahkan para pelancong untuk menjangkau setiap tempat makan dan berbelanja sekitar pantai. Tempat-tempat penginapan dan homestay juga masih satu kawasan sehingga tak harus keluar dari kawasan wisata. Jalan-jalan di kawasan Pantai Pangandaran juga sangat nyaman, bahkan dengan fasilitas penyewaan sepeda.

3. Pindang gunung diolah bumbu khas kecombrang

Pindang gunung. (Foto: instagram.com/gita_mamagita)
Pindang gunung. (Foto: instagram.com/gita_mamagita)

Di sepanjang jalan Pantai Pangandaran sebetulnya rumah-rumah makan seafood menyediakan banyak olahan ikan, seperti ikan bakar, olahan kerang, cumi, dan lainnya sampai ikan laut segar yang diolah saus asam. Namun, tetap saja para pelancong memburu pindang gunung, seperti belum sah ke Pangandaran bila belum menyantap sajian ini.

Pindang gunung memiliki kuah kuning yang menyegarkan. Segarnya makanan ini merupakan hasil olahan dari bumbu khas kecombrang dan daun kedongdong. Bumbu-bumbu lainnya tidak berbeda dengan pembuatan sup ikan pada umumnya. Rasa asam segar berasal dari daun ruku-ruku dan lengkuas mengeluarkan aroma yang menggugah selera. Bila dimakan hangat-hangat, cita rasa pindang gunung sangat pas di lidah.

Kalau Anda sedang berwisata ke Pangandaran, sangat sayang jika tak menicicipi pindang gunung. Setelah seharian berwisata pantai, istirahat sambil menikmati pindang gunung bisa memulihkan kembali kesegaran kamu. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sekoteng Singapore, Penghangat Badan yang Jadi Khas Sukabumi

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH