Berwisata ke Goa Gong, Goa Paling Indah Se-Asia Tenggara Goa Gong (Instagram/mazfha)

INDONESIA memang memiliki geografis yang unik. Tak heran kalau di setiap daerah menyimpan keindahan yang sangat mengagumkan. Jadi sebagai orang yang tinggal di negeri kepulauan ini, kita sepatunnya bersyukur.

Salah satu keindahan alam yang terkenal adalah Goa Gong di Desa Bomo, Kecamatan Purung, Kabupaten Pacitan, Jawa Tengah. Saking indahnya, goa ini dinobatkan sebagai goa paling indah se-Asia Tenggara.

Goa Gong terletak tak jauh dari goa lainnya yakni Goa Tabuhan. Di dalam Goa Gong, Anda bisa melihat beragam batu stalagtit dan stalagnit. Selain itu ada pula kolam atau sendang di dasar goa.

Terdapat 5 sendang di Goa Gong. Menariknya 5 mata air tersebut dipercaya oleh warga setempat memiliki kekuatan magis yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Keindahan Goa Gong semakin bertambah karena penataan yang baik oleh pihak pengelola. Pengunjung tak perlu khawatir tentang jalur di goa. Pasalnya, di sana sudah ada anak tangga dan pembatas.

Selain itu terdapat satu ruang yang disediakan pengelola sebagai venue pertunjukan musik 4 negara. Pertunjukan ini adalah salah satu cara mempromosikan keindahan Goa Gong ke kancah internasional.

GOA GONG Pict by : @donilaksono . Keindahan Gua Gong tak tertandingi oleh gua-gua lain di Pulau Jawa, bahkan ada yang menyebutkan bahwa Gua Gong adalah Gua terindah di Asia Tenggara. Memasuki goa Gong, anda akan disambut formasi stalaktit dan stalakmit yang indah. Dibantu penerangan yang cukup anda dapat masuk lebih dalam dan menyusuri lorong gua sepanjang 256 meter. (Sumber : nativeindonesia.com) ================================= OPEN TRIP PACITAN 2018 (5H4M) 28 Maret - 1 April 2018 (Kuota minimal 6 orang) ================================= Hubungi : @jarambahnusantara WA : 08986127413 Line@ : @kre0699b (Pakai@) ================================= #jarambahnusantara #pacitan #opentrippacitan #explorepacitan #visitpacitan #GoaGong #GoaGongPacitan

A post shared by Jarambah Nusantara (@jarambahnusantara) on

Bagi yang ingin mengunjungi Goa Gong, Anda bisa berkendara ke arah barat dari Kota Pacitan sejauh 37 kilometer menuju Punung. Ketersediaan penginapan di sekitar goa pun cukup mumpuni. Banyak sekali hotel-hotel sesuai kemampuan finansial Anda.

Anda juga harus menyiapkan stamina. Alasannya, Anda pasti butuh tenaga untuk mengelilingi goa ini. Dan satu hal yang paling ditekankan, jangan merusak goa ini dengan mengambil batu stalagtit dan stalagnit. (*)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani