Wisata

Berwisata ke Angkasa Luar bersama Virgin Galactic

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 13 Juli 2021
Berwisata ke Angkasa Luar bersama Virgin Galactic
Pesawat Luar Angkasa Unity 22 Dari Virgin Galactic. (instagram virgingalactic)

WISATA ke angkasa luar sekarang bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Dalam unggahan di kanal Youtube Virgin Galactic, Minggu (11/7), ditayangkan siaran langsung pesawat berwarna putih yang bertulisan 'Virgin' sedang mengalami kesulitan teknis sebelum lepas landas ke angkasa luar.

Rupanya, Virgin Galactic akan meluncurkan Richard Branson dan tiga karyawan perusahaan ke tepi angkasa luar. Tak hanya meluncur ke ketinggian, pesawat dari perusahaan menjanjikan pertunjukan dan gaya yang cukup menarik dalam berwisata. Siaran langsung yang dipimpin Stephen Colbert dan dihadiri penyanyi dan penulis lagu Khalid itu berlangsung meriah. Kabarnya, Khalid akan menampilkan single terbarunya secara langsung di atas panggung setelah pendaratan pesawat luar angkasa Virgin tersebut.

BACA JUGA:

Pandemi, Floating Breakfast makin Hype

Penerbangan tersebut menandai salah satu misi uji coba terakhir perusahaan sebelum bisnis wisata yang berkonsep angkasa luar dimulai tahun depan. Misi yang dijuluki Unity 22 itu menandai penerbangan keempat Virgin Galactic ke angkasa luar. Penerbangan kali ini membawa manusia dengan jumlah awak terbesar. Ada Empat orang di dalam pesawat itu, termasuk Branson, yang akan menguji kenyamanan kabin astronaut, beserta dengan dua pilot yang akan berada di kokpit.

Aksi tersebut dimulai ketika pesawat induk White Knight milik Virgin Galactic lepas landas dari Spaceport America, bandara antariksa perusahaan di New Mexico pada Minggu (11/7) pagi. Pesawat White Knight akan membawa pesawat ruang angkasa bertenaga roket yang disebut VSS Unity, dengan Branson dan yang lain di dalamnya. Membutuhkan waktu 40 menit bagi Unity untuk terlepas dari tengah kapal induk dan menyalakan mesin roketnya. Setelah itu, pesawat akan membawa Branson dan awak lain ke tepi angkasa luar, dengan ketinggian sekitar 55 mil dari permukaan bawah laut. Setelah beberapa menit menikmati keindahan angkasa luar, penumpang Unity akan kembali ke landasan di Spaceport America, sama seperti pesawat komersial biasa.

Seperti dilansir The Verge, Pesawat Unity 22 merupakan langkah maju yang signifikan bagi ambisi Virgin Galactic untuk wisata angkasa luar. Inilah pasar yang akan berkembang dan melayani para pencari petualangan berdompet tebal. Perusahaan yang dimulai pada 2004 ini telah menjual sekitar 600 tiket. Setiap tiket dihargai sekitar USD 250.000. Branson hanyalah salah satu pemain dalam perlombaan yang dipimpin para miliarder untuk menarik wisatawan angkasa luar.

Selain Virgin Galactic, pemain lain di bisnis wisata jet set ini ialah Blue Origin milik Jeff Bezos, yang bertujuan meluncurkan penumpang dengan roket New Shepard sub orbitalnya, dan SpaceX milik Elon Musk, yang berencana menempatkan turis di kapsul Crew Dragon orbitnya untuk pengalaman yang lebih lama dan lebih mahal di angkasa luar.(jhn)

#Wisata #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan