Bertualang di Negeri Sendiri Sunrise di Bromo. (Foto: smithsonianjourney)

INDONESIA, negeri kita ini memiliki destinasi wisata yang jika digabungkan dapat mengalahkan semua tujuan wisata di dunia. Lebay? Kayaknya tidak juga. Ini adalah kenyataan!

Bisa jadi tidak ada tempat selain di Indonesia, dimana seseorang dapat melihat paus yang melintas dekat perahu. Bercanda dengan lumba-lumba yang melentingkan tubuhnya ke udara dari dalam air. Belum percaya? Bagaimana dengan reptil terbesar di dunia, Komodo? Binatang ini tidak ada di tempat lain selain di Indonesia.

Wilayah Indonesia Timur merupakan destinasi wisata yang luar biasa mengagumkan. Pantai dengan air yang bersih, kebiruan dan menyimpan pemandangan bawah air yang luar biasa.

Pulau Komodo (Foto: pinterest)

Sebut saja Pulau Sumba, Pulau Komodo, Pulau Flores sampai ke teluk Cendrawasih merupakan tujuan wisata yang tidak Anda dapatkan di luar Indonesia. Bila ke arah utara, Wakatobi masih menjadi tujuan penyelam internasional melihat taman laut yang luar biasa apiknya.

Demikian pula Raja Ampat yang menduduki puncak teratas destinasi wisata alam internasional. Tak sedikit media asing yang menyebutkan Raja Ampat adalah destinasi wisata yang harus dikunjungi sebelum tutup usia. Selain mengagumi keindahan bawah laut, penyelam, bila beruntung, dapat pula berenang barengan paus hius.

Indonesia merupakan surga bagi para surfer. Bahkan dibandingkan dengan tempat surfing lainnya, Indonesia dinilai berada di atas rata-rata. Bali dan Lombok sangat dikenal oleh para surfer dunia. Beberapa tempat lainnya yang menjadi favorit para surfer dunia seperti Pulau Nihiwatu di Pulau Sumba.

Demikian pula di Pulau Panaitan, Jawa Barat yang dinilai memiliki ombak bagus dan lokasi yang tidak seramai Bali. Begitu juga di Grajagan atau dikenal dengan nama G-Land, Jawa timur yang memiliki ombak pipa terbaik di dunia. Pun, Mentawai, Nias dan Pulau Hinako di Sumatera Utara yang sangat disukai oleh surfer profesional, karena memiliki ombak yang tak pernah putus.

Rangkaian petualangan alam bukan hanya di air saja. Di ketinggian petualangan masih berlanjut terus. Indonesia memiliki gunung-gunung yang kerap didatangi wisatawan dari mancanegara. Contohnya Gunung Rinjani atau Semeru yang tak habis menarik wisatawan luar negeri untuk mendakinya. Bahkan ketika Gunung Agung tengah terbatuk-batuk, tak menyurutkan animo para petualang untuk mendekatinya.

Toh, bila sekedar hendak mengagumi alam ciptaan Yang Maha Kuasa kompleks gunung Bromo adalah tujuan yang tepat. Memandangi matahari terbit dari ketinggian di Bromo merupakan pemadangan spektakuler. Betapa tidak di bawah pegunungan tampak awan menggantung, seolah kita berada di negeri di atas awan.

Melintasi 'padang pasir' di Bromo dengan kendaraan 4x4 atau motor trail sangat memacu adrenalin. Begitu juga dengan aksi 'sinting' pengemudi jeep yang melibas medan-medan offroad di wilayah Gunung Merapi.

Bila tak mau naik kendaraan 4x4, dapat ikut mendaki dan menuruni Kawah Ijen yang penuh dengan asap belerang. Namun terdapat berbagai kesibukan di kawah itu yang dilakukan oleh penduduk lokal mengambil belerang beku. Adakah tempat lain seperti itu di dunia selain di Indonesia?

Masih kurang bertualang? Datanglah dan masuk ke hutan-hutan di Sumatera dan Kalimantan. Petualangan yang mengasyikan dengan teman orangutan dan gajah. Menembus kerapatan vegetasi dengan berbagai fauna dan flora di dalamnya. Tentunya berikut berbagai bentuk kebudayaan yang masih lestari. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH