Bertengkar Setiap Hari? Cari Akar Permasalahan Hubungan Percintaanmu! Berantem terus? Cari akar masalah hubunganmu (Foto: pixabay/Ben_Kerckx)

TIDAK selalu manis seperti yang kamu lihat di drama TV, Pacaran bukanlah hal yang mudah. Semua bisa saja terasa manis dan menyenangkan di awal, namun bisa saja hal yang kalian lakukan hanyalah bertengkar ketika sudah lama bersama.

Jika kalian terlalu sering bertengkar atas hal kecil yang sepele, bisa jadi kalian berdua belum pernah mendiskusikan dan mencari akar dari masalah yang sering kalian perdebatkan. Untuk memperbaiki hubungan percintaanmu, yuk gali dan telusuri apa akar dari segala permasalahan kamu dan pacarmu selama ini dari beberapa pertanyaan dibawah ini!

1. Apakah kamu bebas menjadi dirimu sendiri?

Bertengkar Setiap Hari? Cari Akar Permasalahan Hubungan Percintaanmu!
Apakah kamu memprioritaskan dia atau dirimu sendiri? (Foto pixabay/JillWellington)

Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam suatu hubungan percintaan itu biasanya salah satu atau kedua belah pihak lebih perduli dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan pasangannya ketimbang mencari tahu apa yang sebenarnya diinginkan dirinya sendiri.

Ketika jatuh cinta, kita akan berusaha untuk menyenangkan hati pasangan kita dan menjadi apa yang dia inginkan sehingga kadang kita benar-benar kehilangan akal sehat.

Bahkan jika sudah terlalu jauh, pilihan hidup kita akan didasari oleh apa yang membuat pasangan kita merasa senang. Meskipun cinta memang butuh pengorbanan, tapi ini mengarah kepada kepahitan dan tanpa kita sadari, ini membuktikan kenyataan bahwa kalian sudah mulai menyerahkan sebagian dari hidup kita.

Cobalah untuk lebih memahami dirimu sendiri dan mengutamakan kepentingan diri sendiri, karena pada akhirnya seberapa besar cintamu kepada orang lain, seseorang yang paling bisa kamu andalkan dan akan selalu ada bersamamu, adalah dirimu sendiri. Memprioritaskan diri sendiri bukanlah sesuatu hal yang egois.

Mencoba mengorbankan diri sendiri demi kepentingan orang lain bisa diibaratkan dengan naik pesawat, dalam keadaan darurat, awak pesawat akan menyuruhmu untuk memasang oksigen terhadap diri sendiri terlebih dahulu, karena kamu tidak bisa memberikan perhatian serta mengurus orang lain jika kamu tidak mengurus dan memperhatikan dirimu sendiri.

2. Mampukah kamu memberikan pasanganmu kebebasan yang sama?

Bertengkar Setiap Hari? Cari Akar Permasalahan Hubungan Percintaanmu!
Bisakah kamu memberikan kebebasan yang sama terhadap pasanganmu? (Foto: pixabay/JillWellington)

Hubungan percintaan tidaklah seharusnya mematikan potensi satu sama lain. Percintaan yang sehat adalah ketika kalian berdua tidak berusaha untuk mengubah jati diri satu sama lain, melainkan seharusnya kalian menemukan kebahagiaan dan keunikan dari perbedaan kalian.

Jangan melarang-larang kekasihmu untuk melakukan apa yang mereka sukai, hanya semata-mata karena kamu cemburu atau tidak suka. Apa yang bagi kamu tidak menyenangkan dan tidak penting, bisa saja sangat memiliki makna yang besar bagi pasanganmu.

3. Apakah kamu berharap semuanya berjalan dengan sempurna?

Bertengkar Setiap Hari? Cari Akar Permasalahan Hubungan Percintaanmu!
Jangan mengekspektasikan hubunganmu dari hubungan orang lain. (Foto: pixabay/sweetlouise)

Semua orang pasti punya panutan gaya berpacaran yang ideal. Itu dapat dilatarbelakangi dari hubungan percintaan yang sebelumnya atau hubungan percintaan yang dimiliki orang tua mereka, atau berbagai faktor eksternal lainnya.

Jangan terlalu berpatok pada hubungan yang ideal, karena semua orang memiliki jalur dan takdir yang berbeda-beda dalam menginterpretasikan tipe pacaran yang sempurna. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH