Bertemu Napi Politisi di LP Sukamiskin, Ketua MPR Zulkifli Hasan Terharu Ketua MPR Zulkifli hasan (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan terharu saat bertemu sejumlah elite politik nasional yang menjadi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung.

"Saya terharu, bertemu dengan teman-teman politisi di Sukamiskin. Mereka bercerita dan menyampaikan semua keluh kesahnya kepada saya. Mereka menyampaikan isi hatinya," kata Zulkifli Hasan, di sela penyampaian materi sosialisasi Empat Pilar di hadapan 800 anggota Citizen Journalisme Interdependent (CJI) di Bandung, Kamis (15/6).

Zulkifli Hasan berkunjung ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Kamis, sebelum memberikan materi Sosialisai Empat Pilar di hadapan anggota CJI Bandung.

Menurut Zulkifli, di Lapas Sukamiskin, dirinya bertemu dengan sejumlah elite politik nasional, antara lain, Anas Urbaningrum, Suryadharma Ali, OC Kaligis, Jero Wacik, dan Irman Gusman.

Pada kunjungan tersebut, kata dia, para elite politik yang menjadi narapidana, menyampaikan keluh kesah dan curahan hati mereka kepada dirinya.

"Mereka menyampaikan curhat semuanya. Saya yang semula ingin berkunjung hanya sekitar setengah jam, jadi terharu dan tidak tega cepat-cepat meninggalkannya. Saya sampai sekitar dua jam di dalam Lapas Sukamiskin," katanya.

Ketua Umum, Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan, dirinya baru pertama kali masuk ke dalam Lapas Sukamiskin, untuk menjenguk teman-teman yang menjadi napapidana.

Zulkifli Hasan, juga menyatakan terharu mendengar cerita Irman Gusman. Hanya karena uang Rp100 juta, Irman Gusman divonis hukuman 4,5 tahun penjara dan menjalani hukum di Lapas Sukamiskin.

"Padahal, masih ada kasus dugaan korupsi yang nilainya jauh lebih besar, tapi belum diproses," katanya.

Menurut Zulkifli, banyak politisi, baik menteri, anggota DPR RI dan DPRD, serta kepala daerah yang terjerat kasus korupsi dan menjadi narapidana.

Sistem politik di Indonesia, kata dia, jika tidak disikapi dengan cermat dan hati-hati, maka para politisi dapat terpeleset pada kasus korupsi.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli juga mengingatkan semua pihak yang menduduki jabatan publik, agar sungguh-sungguh manjalani amanah sebagai pemimpin dan menjalankan kebijakan untuk membela kepentingan rakyat dan negara.

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH