Bertemu Mbah Sayem, Manusia Purba Penghuni Goa Song Terus Suasana di dalam Goa Song Terus Pacitan, penuh dengan stalaktit dan stalagmit. (Foto: MerahPutih/Teddy Kurniawan)

MerahPutih Wisata - Goa Song Terus di Dusun Weru, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur sejak lama menarik minat pengunjung dari luar negeri, khususnya para peneliti atau arkeolog. Penyebabnya adalah temuan manusia purba yang mendiami goa tersebut. 

Penjaga Goa Song Terus, Suroto mengatakan Goa Song Terus pertama kali digali pada awal tahun 1950-an oleh dua peneliti yaitu Prof. Dr. R. P. Sorjono dan Prof. Dr. H. R. Van Herkeren dari Belanda. Kemudian penggalian dilanjutkan tahun 1994 oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional dan Museum National d’Histoire NaturÃlle Paris, Prancis yang dipimpin oleh Truman Simanjuntak dan Francois Semah.

http://server1.merahpoetih.com/gallery/public/2016/02/25/EGcygQWwYb1456396492.jpg

Para peneliti baru menemukan beragam kerangka pada penggalian di kedalaman 16 meter. Sejak penggalian tahun 1994 sebanyak 70.000 artefak ditemukan, salah satunya kerangka manusia purba yang diberi nama Mbah Sayem oleh warga dan arkeolog. 

Mbah Sayem adalah kerangka manusia prasejarah yang berumur 40-50 tahun dan berjenis kelamin laki-laki yang diduga telah terkubur di dalam Goa Song Terus selama 10.000 tahun. Mbah Sayem ditemukan berbaring, tangannya menggenggam alat batu dan alat dari tulang. Selain itu terdapat kerangka monyet ekor panjang. Kuburan Mbah Sayem ditutupi daun pakis lalu di atasnya diletakkan potongan kerangka sapi besar. 

http://server1.merahpoetih.com/gallery/public/2016/02/25/dGuUIgATFV1456397440.jpg

Memasuki Goa Song Terus pada kedalaman 80 meter pengunjung akan mendengar suara gemericik air. Jalur ini menghubungkan antara goa dengan sungai. Pemerintah telah menyiapkan lahan untuk membangun museum khusus tak jauh dari lokasi situs tersebut. Museum berskala internasional di Goa Song Terus yang tidak lama lagi akan terealisasi akan menyajikan temuan-temuan dari zaman pra sejarah. (sar)

BACA JUGA:

  1. Goa Song Terus, Rumahnya Manusia Purba di Pacitan
  2. Suasana Liburan di Pantai Teleng Ria Pacitan
  3. Yuk Berpetualang 300 Meter ke Dalam Goa Gong di Pacitan
  4. 3 Tarian Menawan dari Pacitan
  5. Lima Eksotika Goa Tabuhan Pacitan


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH