Headline

Bertemu Mahathir Mohamad, Megawati Tawarkan Kerja Sama Politik Regional

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 30 Juni 2018
Bertemu Mahathir Mohamad, Megawati Tawarkan Kerja Sama Politik Regional
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers kepada awak media di Jakarta (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad ke Indonesia dimanfaatkan sejumlah tokoh politik di Tanah Air untuk bertemu sekaligus mengucapkan selamat secara langsung.

Tokoh politik sekaligus Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri berkesempatan melakukan pertemuan dengan Mahathir Mohamad.

Dalam pertemuan tertutup selama 30 menit di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Jumat (29/6) Ketua Umum PDI Perjuangan itu menawarkan kerja sama partai politik dan hal-hal strategis dinamika politik regional.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, pertemuan antara Megawati dan Mahatir tersebut membicarakan sejumlah hal dan dalam suasana santai.

Presiden Jokowi dan PM Mahathir Mohamad
Presiden Jokowi (kedua kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan), Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (kiri) dan Ibu Siti Hasmah (kanan) melambaikan tangan di beranda Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6).(ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Pembicaraan tersebut, kata dia, juga membicarakan soal kerja sama penanganan hal-hal strategis dinamika politik regional antara Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Pada pertemuan itu, Megawati juga sempat bertanya kepada Mahatir dengan nada bergurau, bagaimana strategi Mahatir dapat memenangi pemilu sehingga terpilih kembali menjadi Perdana Menteri Malaysia.

"Saya juga punya tanggung jawab untuk memenangkan Jokowi pada Pemilu Presiden tahun 2019," kata Hasto yang saat itu mendampingi Megawati.

Pada pertemuan yang cukup singkat tersebut, Megawati juga sebagaimana dilansir Antara sempat membawakan oleh-oleh salak Bali untuk Mahatir.

Menurut Hasto, salak bali adalah buah favorit pada persahabatan Megawati dan Mahatir.

"Ketika Megawati menjadi Presiden, beliau sering mengirim salak bali kepada Mahatir," katanya.

Hasto menambahkan, saat menjabat sebagai Presiden, Megawati sering mengadakan pertemuan bilateral Indonesia dan Malaysia.

"Pertemuan berjalan sangat akrab. Pertemuan di masa lalu itu dapat dilihat dari gambaran yang ada di saat ini," kata Hasto.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Dampak Konflik Suriah 66 Ribu Orang Kehilangan Tempat Tinggal

#Hasto Kristiyanto #Megawati Soekarnoputri #PM Malaysia
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan