Bertemu Ketua DPC PDIP Solo, Gibran Isyaratkan Maju di Pilwalkot Solo? Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Ketua DPC PDIP Solp, F.X. Hadi Rudyatmo bertemu empat mata terkait Pilkada Solo 2020 di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/9). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Gibran Rakabuming Raka menemui Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo untuk berbicara empat mata secara tertutup di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/9).

Pertemuan keduanya berkaitan dengan Pilwakot Solo 2020. Di mana Gibran menanyakan langsung pada Rudy sapaan ketua DPC PDIP Solo terkait mekanisme pendaftaran calon wali kota (cawali) dengan kendaraan politik PDIP.

Baca Juga

Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo, Gibran: Kalau KPU Buka Pendaftaran Kabari Saya

Pantauan Merahputih.com, Gibran tiba di Loji Gandrung pukul 12.50 WIB dengan didampingi satu anggota paspamres. Setibanya di Loji Gandrung, Gibran langsung menemui Rudy untuk berbicara empat mata secara tertutup selama sekitar 10 menit.

Gibran Rakabumingraka (kanan) dan Ketua DPC PDIP Solp, F.X. Hadi Rudyatmo bertemu empat mata terkait Pilkada Solo 2020 di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/9). (MP/Ismail)
Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Ketua DPC PDIP Solp, F.X. Hadi Rudyatmo bertemu empat mata terkait Pilkada Solo 2020 di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/9). (MP/Ismail)

Ditanya soal hasil pertemuan ini bagian dari keseriusan Gibran maju sebagai cawali di Pilwakot Solo, Gibran terlihat malu-malu.

"Pertemuan ini hanya silaturahim saja. Bicara perkembangan Kota Solo dalam beberapa tahun ini. Saya tidak ngobrol politik," kata Gibran.

Baca Juga

Gibran dan Kaesang Masuk Bursa Cawalkot Solo, Begini Reaksi Jokowi

Gibran mengungkapkan Rudy yang juga menjabat Wali Kota Solo ini merupakan sosok sangat peduli pelaku UMKM. Ia sebagai pelaku UMKM di Solo merasa sangat dimanusiakan.

"Seperti di kawasan Kotabarat, Markobar dan teman-teman PKL sudah dialokasikan ke tempat lebih baik demgan dibangunkan selter baru. Saya apresiasi kerja Wali Kota Solo," kata dia.

Pertemuan empat mata ini, lanjut dia, juga bagian bertukar pikiran dengan Rudy di luar pembahasan politik. Kedatangan kesini atas nama pribadi tidak ada kaitanya dengan Pak Jokowi.

Baca Juga

Dicalonkan Jadi Presiden di Pemilu Mendatang? Ini Jawaban Gibran Rakabuming

"Saya melihat Solo ini kecil, tapi dinamis sekali. Ini hanya tukar pikiran saja," kata dia.

Ketua DPC PDIP Solp, F.X. Hadi Rudyatmo membenarkan pertemuan empat mata dengan Gibran ini ada kaitanya dengan Pilwakot Solo 2020. Salah satu yang jadi bahan pembicaraan adalah mekanisme pencalonan untuk maju Pilkada 2020 lewat PDIP.

"Saya normatif saja kita berikan paparan sesuai aturan partai. Kalau biacara politik jagan disini, kan ruang ini Rumah Dinas Walikota. Ada tempat lain nanti," kata dia.

Baca Juga

Modal Mayoritas di DPRD, PDIP Solo Tawarkan Gibran Jadi Kader untuk Maju Pilwalkot

Rudy mengatakan ada beberapa syarat untuk mendaftar sebagai bakal calon peserta Pilkada 2020. Antara lain memiliki kartu tanda anggota (KTA) PDIP.

"Siapapun boleh daftar asal punya KTA PDIP. Keputusan rekomendasi cawali dan cawawali ada ditangan DPP PDIP," kata dia

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH