Hobi
Bertemu Karl Malone karena Kartu Basket Foto Karl Malone dengan tanda tangannya yang diberikan Malone untuk Budhi sebagai hadiah (Foto: Dok. pribadi Budhi Purnama Utomo)

POSTUR tubuhnya besar. Badannya kekar. Piawai main basket. Kalau sudah nge-dunk, pemain lain hanya bisa melongo saja. Sosok legenda NBA ini benar-benar dikagumi oleh kolektor kartu basket bernama Budhi Purnama Utomo. Ia mengagumi Karl Malone, mantan pemain Utah Jazz era 80-an dan 90-an itu sejak 1994.

Saking fanatiknya, Budhi mengumpulkan ribuan kartu basket bergambar Karl Malone. "Saya punya lebih dari 4.000 kartu Malone unik (berbeda semua) berlisensi. Kalau pemain lain ada, namun tidak sebanyak kartu Malone," ujarnya saat berbincang dengan merahputih.com melalui telepon.

Baca juga:

Kartu Basket, Nostalgia Anak 90an

Hobi mengumpulkan kartu basket Karl Malone ternyata bikin mimpi Budhi menjadi kenyataan. Gara-gara koleksinya itu Budhi bisa bertemu dengan sang idola. Tidak tanggung-tanggung, Budhi diundang langsung oleh Malone ke rumahnya di Louisiana, AS. Bagaimana bisa?

Semua berawal dari panggilan telepon Malone pada 2013 silam. "Waktu itu saya ingat setelah acara makan malam ulang tahun anak saya, Malone menelepon saya," kenang Budhi.

Budhi memiliki 4.000 kartu basket Karl Malone (Foto: Dok. pribadi Budhi Purnama Utomo)

Budhi tidak menyangka Malone menelepon langsung ke ponselnya. Budhi sebelumnya memang mencantumkan nomor teleponnya di Instagram. Malone menghubunginya untuk meminta alamat lantaran Malone mau mengirimkan sesuatu kepadanya.

Malone tertarik dengan Instagram Budhi karena feed-nya penuh dengan koleksi kartu basket Malone. Tanpa pikir panjang, Budhi pun langsung mengiyakan undangan itu.

Memenuhi undangan Malone nyatanya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Budhi gagal terus bertemu Malone walau sudah dua kali menginjakkan kakinya di negeri Paman Sam.

Pada 2017, Budhi dan keluarga besarnya melakukan road trip di West Coast, AS. Saat itu Malone juga ingin menuju Los Angeles dari rumahnya di Louisiana untuk mengantar anak bungsunya ke kota markas Hollywood itu.

Meski sudah sama-sama berada di Los Angeles, Malone dan Budhi tidak dapat bertemu. Budhi sudah terlanjur bertolak ke San Francisco untuk melanjutkan liburan bersama keluarga.

"Saya sempat gundah waktu itu. Ingin kembali ke Los Angeles. Tapi ini liburan keluarga," ujarnya. Sebagai gantinya Budhi mengirimkan hadiah ke Malone yang tadinya ingin ia berikan langsung.

Karl Malone dan Budhi akhirnya bertemu di Louisiana (Foto: Dok. pribadi Budhi Purnama Utomo)

Beberapa hari kemudian, Budhi dihubungi kembali oleh istri Malone. Kali ini Budhi sedang menuju ke negara bagian Alaska. "Istri Malone DM ke saya, dia dan Malone akan berada di Alaska juga untuk fishing," tuturnya. Lagi-lagi mereka batal bertemu. Malone sudah tiba lebih dulu di Alaska sehari sebelum Budhi.

Meski tetap bisa melakukan pertemuan, Budhi memutuskan untuk mengurungkan kembali niatnya karena terlanjur memiliki rencana lain dengan keluarganya. "Saya sudah janji mau ke Theme Parks & Zoo sama anak-anak. Akhirnya saya minta maaf lagi ke Malone," papar Budhi.

Setelah dua kali gagal bertemu Malone, akhirnya mimpi tersebut terwujud pada pertengahan 2019. Budhi kembali melakukan perjalanan, kali ini ke East Coast, AS, tepatnya ke Orlando. Budhi akhirnya berhasil membuat janji dengan Malone untuk melakukan pertemuan.

Budhi berbincang seputar kehidupan keluarga dengan Karl Malone (Foto: Dok. pribadi Budhi Purnama Utomo)

Ya, pertemuan kali ini benar-benar terjadi dan langsung di kediaman Malone di Louisiana. Budhi sangat tidak percaya kesempatan yang paling ia tunggu ini akhirnya terjadi. "Mereka baik sekali. Istrinya menyampaikan bahwa Karl sendiri yang akan menjemput kami di airport, namun kami sungkan dan menolaknya dengan hormat," beber Budhi.

Baca juga:

Kobe Bryant, The Black Mamba yang Melegenda

Setelah enam jam melakukan perjalanan menggunakan pesawat dan lima jam mobil dari bandara Houston, akhirnya ia tiba di Louisiana. Kediaman Malone langsung menyambut kedatangan Budhi di salah satu negara bagian AS itu.

Budhi tiba di kediaman Malone pada pukul 6 malam. Karena tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut, ia bersama istrinya berbincang dengan Malone yang juga didampingi sang istri hingga tengah malam.

Bukan, mereka tidak berbincang seputar basket. Justru sosok Malone kata Budhi ialah pria yang cinta keluarga. Mantan atlet berusia 56 tahun itu sukses memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. "Gak kerasa sudah jam 12 malam. Malone baik sekali, dia bahkan menawarkan kami menginap di rumahnya," ujarnya.

Malone menandatangani koleksi kartu basket favorit Budhi (Foto: Dok. pribadi Budhi Purnama Utomo)

Budhi menolak tawaran menginap tersebut. Ia dan istrinya memilih untuk bermalam di hotel tak jauh dari kediaman Malone. Keesokan harinya mereka bertemu lagi untuk menikmati brunch bersama.

Sosok Malone sangat rendah hati. Pada pertemuan hari kedua itu Malone mengajak Budhi untuk melihat beberapa bisnis yang dikelola anaknya di Louisiana. "Di siang harinya saya langsung menuju airport Houston lagi untuk kembali ke Orlando," kata Budhi.

Tentu Budhi tidak pulang dari rumah Malone dengan tangan kosong. Malone menandatangani beberapa koleksi kartu basket Karl Malone favorit Budhi, serta menandatangani beberapa foto Malone sendiri.

Karl Malone memberikan kenangan ke Budhi berupa framed photo Karl Malone bersama pemain Lakers (Foto: Dok. pribadi Budhi Purnama Utomo)

Yang tak kalah mengesankan, Malone juga memberikan framed photo besar dari photoshoot saat pertama kali ia bermain di Los Angeles Lakers.

Pada foto tersebut terpampang beberapa pemain Lakers era 2000, lengkap dengan tanda tangan mereka. Termasuk mendiang Kobe Bryant.

Menariknya, frame tersebut hanya ada lima copy yang dibuat dan ditanda-tangani para pemain. Frame yang diberikan ke Budhi ialah milik Malone satu-satunya. "Bertemu Malone adalah jawaban dari doa saya selama 10 tahun," tutup Budhi. (ikh)

Baca juga:

Sporty dan Penuh Gaya, Nih Rekomendasi 5 Sepatu Basket Kece!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Fenomena Khas Indonesia, Bengkel Ketok Magic
Fun
Fenomena Khas Indonesia, Bengkel Ketok Magic

Berawal dari Mbah Turut yang menurunkan ilmunya ke murid-muridnya.

Apple Patenkan Desain Casing iPhone Masa Depan yang Bisa Mengisi Daya AirPods
Fun
Apple Patenkan Desain Casing iPhone Masa Depan yang Bisa Mengisi Daya AirPods

Baru-baru ini apple diketahui telah menadapat paten atas desain casing iPhone masa depan yang Bisa mengisi daya AirPods

Kisah Haru 'Video Call' Drake, J. Cole, dan The Weeknd untuk Seorang Anak Pejuang Kanker
ShowBiz
Kisah Haru 'Video Call' Drake, J. Cole, dan The Weeknd untuk Seorang Anak Pejuang Kanker

Ketiga penyanyi papan atas tersebut menyapa sang anak melalui video call.

NASA: Ada 300 Juta Planet Layak Huni
Fun
NASA: Ada 300 Juta Planet Layak Huni

300 juta planet lain di galaksi Bima Sakti ini kemungkinan besar bisa kamu tinggali.

Melihat Indahnya Musim Gugur di Dunia, Mirip Wallaper PC
Fun
Melihat Indahnya Musim Gugur di Dunia, Mirip Wallaper PC

Kamu wajib mengunjungi negara ini ketiba musim gugur tiba.

Taeyeon  Berduka Tepat di Ultahnya
ShowBiz
Taeyeon Berduka Tepat di Ultahnya

Ultah dan rilis lagunya menjadi tersingkir.

Kebagian Daging Kurban? Yuk Bikin Sate Maranggi
Fun
Kebagian Daging Kurban? Yuk Bikin Sate Maranggi

Resep dan bahannya yang mudah, bisa dicoba di rumah.

‘Fun Bricks Table’, Meja Bermain untuk Tingkatkan Imajinasi Anak
Fun
‘Fun Bricks Table’, Meja Bermain untuk Tingkatkan Imajinasi Anak

Anak-anak yang kreatif lahir dari proses pembelajaran dan pendidikan yang menyeluruh.

Toilet Umum di Negeri Aing, Menolong Tapi Harus Siap Bayar
Fun
Toilet Umum di Negeri Aing, Menolong Tapi Harus Siap Bayar

Toilet umum di negeri aing mudah ditemukan.

Bentuk Feses Ternyata Memperlihatkan Kesehatan Ususmu
Fun
Bentuk Feses Ternyata Memperlihatkan Kesehatan Ususmu

Tipe 3 dan tipe 4 pada bagan seringkali dianggap normal.