Headline

Bertemu Aung San Suu Kyi, Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Keamanan di Rakhine

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 22 Juni 2019
 Bertemu Aung San Suu Kyi, Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Keamanan di Rakhine
State Counsellor Republik Uni Myanmar Aung San Suu Kyi saat bertemu Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres)

MerahPutih.Com - Presiden Jokowi tengah berada di Bangkok, Thailand guna menghadiri KTT ke-34 ASEAN. Di sela-sela KTT para Kepala Negara Asia Tenggara itu, Presiden Jokowi secara khusus bertemu dengan State Counsellor Republik Uni Myanmar Aung San Suu Kyi.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel Athenee, Bangkok, Sabtu (22/6), Jokowi menyatakan bahwa Indonesia menekankan pentingnya keamanan yang baik bagi terlaksananya repatriasi yang sukarela, aman dan bermartabat terhadap para pengungsi Rohingya di Rakhine State.

"Jika situasi keamanan tidak membaik, maka akan sulit repatriasi yang sukarela, aman dan bermartabat dapat dijalankan," kata Jokowi.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi saat tiba di Bangkok
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi saat tiba di Bangkok, Sabtu (22/6) (Foto: Biro Pers Setpres)

Menurut Jokowi, Indonesia juga memiliki komitmen tinggi untuk terus memberikan kontribusi bagi penyelesaian isu Rakhine State.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menekankan mengenai pentingnya segera ditindaklanjuti rekomendasi Laporan Preliminary Needs Assesment (PNA) terhadap para pengungsi Rohingya agar situasinya kembali berjalan normal.

"Indonesia siap untuk kembali berkontribusi dalam tindak lanjut rekomendasi Laporan PNA," jelas Jokowi dalam siaran pers dari Biro Pers Setpres yang diterima merahputih.com di Jakarta.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Bertolak ke Thailand Hadiri KTT ke-34 ASEAN

Menteri Tjahjo Sentil DPRD Soal Wagub DKI Jakarta

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Duta Besar Indonesia untuk Thailand Ahmad Rusdi.(Asp)

#Aung San Suu Kyi #Pengungsi Rohingya #KTT ASEAN #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan