Berteman dengan Mantan? Pahami Langkah ini Terlebih Dahulu Boleh saja berteman dengan mantan pacar. (Foto: Pexels/freestocksorg)

BERTEMAN dengan mantan? Tidak Mungkin? Mungkin-mungkin saja sih. Namun ada langkah-langkah yang harus kamu pahami terlebih dahulu. Jangan baru putus kemudian berteman. Entah siapa yang sakit, namun lebih baik cooling down terlebih dahulu. Ada baiknya memang mengubah hubungan dari percintaan menjadi pertemanan. Namun pahami dahulu langkah berikut ini.

1. Pikirkan lagi

pacar
Pikirnkan lagi bila ingin berteman dengan mantan. (Foto: Pixabay/5688709)

Jika kamu mencoba untuk mendekatkan diri ke dia lagi. Ada dua hal yang akan terjadi; dia akan baik kepadamu, atau dia akan marah kepadamu. Cobalah untuk berpikir lagi. Seandainya kamu berpikir dia akan baik-baik saja ya ubahlah hubungan lama itu menjadi pertemanan. Kecuali bila mantan kamu itu toksik atau kasar, sebaiknya lupakanlah untuk selamanya.


2. Beri waktu pada diri kamu

waktu
Beri waktu pada diri kamu untuk memahami proses pertemanan. (Foto: Pexels/Aphiwat chuangchoem)

Mungkin saja kamu baru putus satu atau dua bulan, beri waktu pada diri kamu untuk menjaga jarak. Siapa tahu dia sudah melupakan kamu, atau lebih bagus lagi kalau dia mendapatkan pasangan baru. Jadi kamu bisa lebih mudah untuk mendekatkan diri kamu dengannya dengan tujuan pertemanan. Namun jika kamu menjalin pertemanan dengan mantanmu yang sudah memiliki pacar, lebih baik hati-hati. Karena kamu akan dijadikan bahan cemooh pacar barunya.


3. Apa untungnya?

pasangan
Apa untungnya jika berteman dengan mantan? (Foto: Pixabay/SnapwireSnaps)

Coba kamu berfikir sejenak. Apa gunanya jika berteman dengannya. Jika ia berguna untuk kamu kedepannya seperti dia akan membantumu untuk mengerjakan tugas akhir, atau ia membantumu menyelesaikan masalah yang kamu tidak bisa lakukan. Boleh saja. Namun jika dia berpikir untuk menjalin hubungan lama. Lebih baik kamu tinggalkan dan berpikirlah dua kali.


4. Bertemanlah

teman
jangan ada cinta lagi di antara kalin. (Foto: Pexels/picjumbocom)

Jika kamu sudah melakukan 3 tahap itu. Bisa jadi kamu siap untuk menjalin persahabatan dengan mantanmu. Cobalah untuk menjelaskan kepadanya mengapa kamu butuh dia sebagai teman. Buatlah kesepakatan antara kalian berdua untuk tidak menghubung-hubungkan persahabatan dengan percintaan. Tahap kedewasaan terbaik itu adalah ketika kamu sudah bisa berhubungan baik dengan mantanmu. (ald)



Paksi Suryo Raharjo