Bertabur Bunga, 5 Taman yang tak Boleh Kamu Lewatkan Indonesia punya destinasi taman bunga yang tak kalah indah. (foto: Pixabay/digaita)

PERNAH nonton film Alice in Wonderland kan? Film besutan sutradara Tim Burton yang rilis pada 2010 itu menampilkan adegan Alice yang kembali ke Wonderland untuk membunuh si Jabberwocky. Dalam salah satu adegan, Alice berkelana di hamparan bunga yang luas. Keren banget.

Tahu enggak, berpose cantik di hamparan bunga ternyata bisa banget kamu lakukan di Indonesia. Yang kamu butuhkan hanya datang ke taman bunga cantik yang ada di Tanah Air. Warna-warninya enggak kalah sama bunga yang ada di film Alice in Wonderland. Berikut 5 taman bunga Instagramable yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Bunga-Bunga Ini Digunakan Sebagai Simbol Duka Cita


1. Taman Bunga Nusantara, Cianjur, Jawa Barat

taman bunga nusantara, cianjur, jawa barat
Taman Bunga Nusantara. (foto: Instagram @kinespace)

Tak jauh dari Jakarta, ada taman bunga indah seluas 35 hektare yang siap memanjakan kamu. Terletak di dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Jakarta, taman bunga ini menyajikan berbagai bunga, tanaman hias, dan anggrek yang indah. Diperkirakan, ada 2.000 jenis anggrek di taman ini.

Tak jauh dari pintu masuk, kamu sudah disuguhi sebuah rangkaian tanaman berbentuk merak yang megah. Wajib hukumnya berfoto dengan 'si merak'. Makin ke dalam, hamparan bunga berbagai warna siap memanjakan mata kamu.

Jangan takut kelelahan berkeliling. Pasalnya, di taman ini disediakan minicar untuk berkeliling. Kamu bisa turun di salah satu titik perhentian atau hanya ikut berkeliling untuk melihat-lihat. Jika lapar, kamu bisa mencoba sajian khas Timur Tengah di salah satu restoran di dalam taman. Tempat ngopi juga ada lo.

Beberapa bagian taman juga dibuat berdasar tema-tema tertentu, semisal ada taman gaya Bali lengkap dengan patung-patung khas Pulau Dewata. Ada juga taman ala Jepang yang diisi bonsai indah terawat, kolam koi, juga pancuran zen yang menenangkan.

Jangan lewatkan juga berfoto di taman mawar, taman air, labirin, dan taman yang bergaya Prancis. Pasti bakal cantik banget deh!

2. Kebun Bunga Gemitir, Bali

kebun bunga gemitir, bali
Kuning cerah, taman bunga gemitir. (foto: Instgram @tiket.com)

Orang Bali mengenal bunga berwarna kuning cerah ini dengan nama gemitir. Biasanya, bunga ini digunakan sebagi penghias sesajen ataupun dironce menjadi kalung. Namun, nama umum untuk bunga gemitir ialah marigold. Meskipun enggak wangi seperti mawar ataupun melati, marigold punya warna kuning cerah yang catchy banget kalau difoto.

Ada banyak ladang marigold di Bali, salah satunya yang terletak di Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Lokasi ini jadi incaran pelancong yang ingin berfoto di keindahan hamparan yang menguning. Letaknya di areal tinggi pegunungan dengan kontur jalannya berbukit serta memiliki pemandangan indah khas perbukitan. Cukup dengan sekitar 1 jam berkendara di rute Bedugul-Kintamani.

Bunga gemitir memang telah lama dibudidayakan masyarakat sekitar, bahkan jadi sumber mata pencaharian mereka. Uniknya, bunga ini selalu tumbuh setiap awal bulan, sesuai dengan namanya 'Marigold' yang berarti 'sepanjang bulan'.

Hamparan kuning marigold yang cerah jadi daya tarik ladang bunga ini. Tidak mengherankan jika banyak yang datang untuk sekadar berfoto, bahkan membuat foto pranikah. Wah, kamu wajib datang deh!


3. Taman Bunga Sakura, Cianjur, Jawa Barat

taman bunga sakura, cianjur, jawa barat
Bunga sakura di Kebun Raya Cibodas mekar pada Juli-Agustus. (foto: Instagram @tuthy_bonbon)

Tak usah jauh-jauh ke Jepang untuk melihat bunga sakura. Ke Kebun Raya Cibodas saja! Di kebun raya tersebut ada sebuah lahan yang khusus diisi tanaman sakura.

Di kebun raya peninggalan Belanda ini, bunga sakura hanya dapat mekar dua kali dalam setahun, yakni pada Januari-Februari dan Juli-Agustus. Jika beruntung, kamu bisa melihat cantiknya bunga sakura yang berwarna pink. Langsung berfoto dan unggah ke IG kamu ya.


4. Selecta, Batu, Jawa Timur

selecta, batu, jawa timur
Taman bunga Selecta yang legendaris. (foto: Instagram @mahfudyppi)

Nama Selecta lekat banget sama Kota Batu. Taman bunganya bahkan jadi favorit pengunjung. Ada banyak jenis bunga yang bisa kamu temui di sana. Di taman yang dibangun sejak 1920 ini, kamu bisa berfoto di hamparan cantiknya bunga-bunga berbagai warna. Jangan lewatkan berfoto di gerbang berbentuk hati yang ikonik itu ya.


5. Kebun Bunga Matahari, Kediri, Jawa Timur

kebun bunga matahari, kediri, jawa timur
Ingat untuk senyum lebar saat selfie di kebun bunga matahari. (foto: Instagram @mampirkediri)

Kebun bunga matahari yang berlokasi di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, ini dikelola pemerintah setempat. Niat awalnya bukanlah membuat tujuan wisata taman bunga, melainkan hanya ingin mengisi lahan kosong dengan membudidayakan bunga matahari. Namun, ternyata saat hamparan bunga matahari tersebut sudah mekar, banyak orang malah tertarik datang untuk berswafoto ria.

Itulah mengapa pemerintah setempat mengubahnya untuk penghijauan. Bunga matahari yang dapat kamu temui di sini ada tiga jenis, yakni big smile, sunspot, dan early russian. Ingat untuk tersenyum yang lebar ya saat berfoto dengan bunga-bunga cerah ini.

Bagaimana, cantik semua kan? Ingat ya, jika berkunjung ke taman bunga, pastikan kamu tidak melakukan hal-hal yang merusak keindahan taman. Buanglah sampah pada tempatnya, selalu berjalan di jalur yang disediakan, dan jangan memetik bunga apalagi mencabutnya ya. Menjaga keindahan tempat wisata bikin kamu jadi traveler yang keren.(dwi)

BACA JUGA: Bunga Mawar Identik dengan Cinta? Ini Alasannya


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH