Bersikap Ramah di Pasar Beringharjo Bisa Dapat Barang Murah Pasar Beringharjo ramai pedagang pakaian, Kamis (25/2). (Foto MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata - Wisata sambil berbelanja memang menyenangkan bagi sebagian orang. Tak jarang mereka yang berbelanja rela menghabiskan banyak uang demi belanja barang-barang khas di tempat wisata.

Tahukah Anda bahwa banyak pula pedagang memanfaatkan karakter wisatawan seperti itu dalam menjual barang dagangannya. Hal ini diakui salah satu pedagang pakaian batik di Pasar Beringharjo. 

"Naikin harga ke turis udah biasa. Lihat tempatnya juga. Misalnya di sini (Pasar Beringharjo), naikin harga dua kali lipat ke turis udah biasa, kan dekat Malioboro," kata Teguh, 37, saat berbincang dengan merahputih.com di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Kamis (25/2).

Pria yang membuka toko "Teguh Batik" ini memberi tips kepada wisatawan yang hendak belanja batik di Beringharjo. Menurutnya, wisatawan harus teliti soal harga bila tidak ingin menjadi "sasaran empuk" para pedagang.

Tips pertama, wisatawan harus mengetahui harga pasaran barang yang hendak ia beli. Harga pasaran tersebut mengacu pada harga pasaran tempat pembuatan barang. Kedua, berani tawar-menawar hingga harga jatuh dari setengah harga yang diajukan pedagang. 

"Nek wani (kalau berani), pembeli tawar separuh harga dari penjual," tutur Teguh.

Selebihnya, imbuh Teguh, ialah sikap kepada pedagang harus ramah. Sikap ramah akan membuat pedagang mau mengeluarkan harga layak. 

"Pedagang harus ramah, tapi nek pembeli lebih ramah pedagang juga seneng toh," katanya. (fre)

BACA JUGA:

  1. "Ke Yogya Gak Lengkap Kalau Gak ke Pasar Beringharjo"
  2. Pasar Beringharjo, Sejarah Pilar Catur Tunggal Kerajaan
  3. Nikmati Liburan Seru di Pulau Lengkuas Belitung
  4. Masjid Pacinan Tinggi Jejak Muslim Tionghoa masa Kesultanan Banten
  5. Indahnya Pemandangan Kebun Buah Mangunan di Yogyakarta


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH