Bersihkan Rumah dengan Cepat dan Mudah Membersihkan rumah sangatlah mudah dengan bahan yang ada. (Foto: The Spruce)

LIBUR lebaran tak hanya milik kita yang bekerja di perusahaan atau pemerintahan. Asisten rumah tangga kita pun turut memanfaatkan momen lebaran untuk pulang kampung. Tugas membersihkan rumah menjadi tanggung jawab kita.

Bagi sebagian orang, mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga amat membosankan dan melelahkan. Beberapa tips berikut membuat pekerjaan rumah tangga terasa ringan dan menyenangkan

1. Cuka untuk bersihkan perabotan rumah

cuka
Cuka mampu membersihkan preabotan rumah. (Foto: CNN)


Asam favorit di dapur ini menjadi superstar yang dapat membersihkan berbagai perabotan di rumah. Apakah kau memiliki gelas dengan noda yang sulit hilang? Jangan buang waktu hanya untuk menggosok noda membandel di gelas. Teteskan sedikit cuka putih ke gelas. Diamkan beberapa saat. Bilas hingga bersih. Cara tersebut juga bisa diaplikasikan ke perabotan lainnya. Untuk membersihkan kepala teko atau keran, masukkan cuka ke dalam plastik. Bungkus ujung teko atau keran dengan plastik tersebut. Diamkan semalaman.

Ingin waktu membilas tirai lebih cepat dan mudah? Masukkan cuka ke dalam mangkok. Taruhlah kaus kaki bekas ke dalam mangkok tersebut. Kita bisa membersihkan tirai dengan kaus kaki yang dimasukkan ke dalam tangan. Kita tak perlu melepas tirai tersebut untuk membersihkannya. Mudah bukan?

Tak hanya berguna untuk membersihkan perabotan. Cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan kacamata. Celupkan lap kacamata ke cairan cuka. Bersihkan seperti biasa.


2. Roti untuk membersihkan pecahan kaca

roti
Roti dapat membersihkan pecahan kaca. (Foto: joyofbaking)


Roti tak hanya berguna untuk sarapan tetapi juga membersihkan pecahan kaca. Hal paling menyebalkan dari pecahnya perabotan rumah tangga adalah memungut serpihan kaca.

Kita harus memungut seluruh serpihan kaca hingga pecahan terkecil. Memungut serpihan kaca kepingan terkecil bukanlah pekerjaan mudah. Pecahan kaca tersebut bisa masuk ke kulit kita.

Membersihkan serpihan kaca menggunakan roti sapat meminimalisir resiko tersebut. Teteskan air ke potongan roti. Setelah roti lembab, tempelkan potongan roti ke lantai yang terdapat pecahan kaca. Serpihan kaca akan melekat ke roti. Cara tersebut lebih mudah daripada menyapunya. Kemungkinan potongan-potongan kaca masuk ke kulit lebih kecil.


3. Krim Cukur Wajah untuk bersihkan kaca

krim cukur
Krim cukur membeningkan cermin. (Foto: myjewishlearning)


Ingin membersihkan kaca lebih cepat? Gunakan krim cukur wajah yang ada di wastafel. Oleskan krim cukur ke cermin dan bersihkan dengan tissue. Cara tersebut tak hanya membersihkan cermin dari debu dan goresan tetapi mencegak kaca berembun saat kita mandi. Trik ini juga bisa diaplikasikan untuk membersihkan kacamata dan jendela mobil.


4. Lemon untuk bersihkan microwave

lemon
Lemon membersihkan noda pada microwave. (Foto: hearstapps)


Setelah digunakan untuk memasak santapan lebaran, banyak noda membandel yang tertinggal di microwave. Kekacauan yang tampak di microwave dapat teratasi dengan mudah dengan bantuan lemon. Campur lemon dan air dan masukkan ke microwave selama tiga menit.

Air lemon dapat digunakan untuk membersihkan noda. Sementara uap yang dihasilkan dapat digunakan untuk menghilangkan bau yang tersisa.

Itulah beberapa tips membersihkan rumah dengan cepat dan mudah. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemukan di rumah kita. Selamat mencoba! (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH