Kecantikan
Bersihkan Makeup tanpa Bikin Kulit Menua Untuk memahami cara membersihkan riasan, ketahui apa yang tidak boleh dan yang boleh dilakukan. (IstockPhoto/gpointstudio)

MENGHAPUS riasan jelas bukan bagian paling menyenangkan dari beauty routine-mu, terutama saat sudah larut malam dan kamu lelah. Meski demikian, penting untuk membersihkan muka dari makeup dengan benar.

Walau tergoda untuk mengambil jalan pintas, cara menghapus riasan yang tidak tepat, atau lebih buruk lagi tidak menghapus sama sekali, merupakan salah satu hal buruk yang dapat kamu lakukan untuk wajah. Terutama akan berdampak pada penuaan dini, jerawat, dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

BACA JUGA:

Pembersih Wajah, Kunci Bebas Jerawat Walau Pakai Masker

Untuk lebih memahami bagaimana kamu harus menghapus riasan, akan lebih membantu untuk mengetahui apa yang tidak boleh dan boleh dilakukan terlebih dahulu. Berikut rangkuman dari Real Simple.

kecantikan
Jangan menggunakan cleanser biasa untuk menghapus riasan tebal karena tidak cukup kuat. (IstockPhoto/robertprzybysz)

Jangan lalukan hal-hal berikut saat membersihkan wajah:

1. Menggunakan eye makeup remover untuk seluruh wajah. Formula dalam produk ini biasanya jauh lebih berat daripada penghapus riasan wajah biasa. Meskipun produk ini baik untuk menghilangkan maskara tahan air yang sangat membandel, tapi dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat saat dioleskan ke seluruh kulit wajah.

2. Menggunakan cleanser biasa untuk menghapus riasan tebal karena tidak cukup kuat untuk menghilangkan semua riasan wajah. Kamu juga tidak akan mendapatkan semua manfaat pelembap dan kulit yang baik dalam formula yang seharusnya digunakan bersama dengan produk untuk mencuci muka. Wajahmu pun akan kering dengan sisa riasan.

3. Jangan terlalu sering menggunakan tisu pembersih. Produk ini tidak hanya menyebabkan tarikan pada kulit, tisu pembersih juga tidak maksimal menghapus semua riasan secara efektif. Kalau kamu memiliki kulit yang sangat berminyak atau berjerawat, menggunakan cleansing wipes dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memunculkan jerawat. Beberapa tisu juga dapat meninggalkan residu bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit sensitif. Gunakannya sesekali saja, boleh digunakan lebih sering jika dilanjutkan dengan double cleanse.

4. Menggosok wajah dengan keras dengan kapas dan cleansing wipes, atau menggosok dengan kuat dengan tangan dapat merusak dan sama sekali tidak perlu. Luangkan beberapa menit ekstra untuk menghapus riasan dengan lembut dalam gerakan melingkar, dan keringkan dengan handuk katun lembut. Untuk riasan mata, jangan digosok bolak-balik karena bisa mengiritasi. Gunakan gerakan menyapu sebagai gantinya, angkat sebelum menyeka lagi.

5. Tidak membersihkan rahang, leher, dan garis rambut dapat menimbulkan jerawat. Kebiasaan ini adalah salah satu kejadian paling umum yang dilakukan banyak orang. Sementara kamu merias wajah di leher dan rahang pada pagi hari, bagian tersebut diabaikan ketika sudah waktunya untuk membersihkan makeup. Padahal, area tersebut sangat penting, terutama karena leher merupakan area yang paling rawan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini.

kecantikan
Setelah menghapus riasan, bukan berarti kulitmu bersih, ada tahapan lain. (IstockPhoto/paulynn)

Agar kulit wajah tak cepat mengalami penuaan dini, berikut cara yang benar untuk menghapus riasan:

1. Ada beberapa cara untuk membersihkan wajah dari makeup, tetapi apa pun jenis produk yang kamu gunakan, yang terbaik adalah mempraktikkan double cleanse jika kamu memakai riasan.

2. Lagkah pertama dari double cleanse adalah menghapus makeup. Kamu dapat memilih produk cleansing balm yang memiliki kemampuannya untuk melelehkan riasan tanpa efek samping yang menyumbat pori-pori. Produk ini juga dapat digunakan di sekitar area mata. Namun, kamu juga bisa menggunakan cleansing oil atau micellar water, keduanya akan menghilangkan riasan secara efektif.

3. Mulailah dengan satu sendok kecil cleansing balm di tangan yang bersih dan kering. Setelah menghangatkan formula di antara jari-jari, pijat lembut cleansing balm pada wajah dengan gerakan memutar. Berhati-hatilah pada area mata. Setelah riasan pudar, bilas wajah dengan air hangat.

kecantikan
Jangan terlalu sering menggunakan tisu pembersih karena tidak maksimal menghapus semua riasan. (IstockPhoto/monzenmachi)

4. Jangan berhenti pada tahap tiga, setelah menghapus riasan, bukan berarti kulitmu bersih. Setelah membilas semuanya, lakukan pembersihan kedua dengan pembersih biasa. Langkah ini memastikan sisa riasan terhapus, serta membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan debu yang dapat menyumbat pori-pori.

5. Gunakan waslap untuk mengeringkan wajah dan lanjutkan dengan rutinitas perawatan kulit pasca-pembersihan. Jangan lupa untuk mengganti handuk wajah setiap dua hingga tiga hari karena kotoran dan bakteri dapat dengan cepat menumpuk.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Meriah, Gelaran Soft Opening Hotel Episode Gading Serpong
Hiburan & Gaya Hidup
Meriah, Gelaran Soft Opening Hotel Episode Gading Serpong

Meriahnya acaa Soft Opening Hotel Episode Gading Serpong

8 Motivasi Kunci Seseorang Berselingkuh
Fun
8 Motivasi Kunci Seseorang Berselingkuh

Hanya setengah dari para pelaku selingkuh yang melaporkan melakukan hubungan seksual.

3 Prediksi Film yang akan Menjadi Box Office Pada 2022
ShowBiz
Seru-Seruan Coblos di Urban Sneaker Society 2021
Fun
Seru-Seruan Coblos di Urban Sneaker Society 2021

urban sneaker society 2021, BOOTH warna kuning cerah lengkap dengan bilik suara menyita perhatian para pengunjung dan favorit brand lokal di 2021

Mengenal Humblebrag, Perilaku 'Merendah untuk Meroket'
Fun
Mengenal Humblebrag, Perilaku 'Merendah untuk Meroket'

Humblebrag merupakan sebuah julukan atas sikap seseorang yang memamerkan sesuatu, namun ingin terkesan dirinya rendah hati.

'Fearless (Taylor’s Version)' Guncang Platform Streaming
ShowBiz
Beauty Influencer, Inspirasi Kecantikan Pemudi Negeri Aing
Fun
Beauty Influencer, Inspirasi Kecantikan Pemudi Negeri Aing

Pemudi negeri aing tampil cantik setelah belajar dari mereka.

Rekomendasi Produk dan Tips Memilih Mesin Jahit Untuk Pemula
Fun
Rekomendasi Produk dan Tips Memilih Mesin Jahit Untuk Pemula

Ada juga rekomendasi mesin jahit untuk quilting

Perlukah Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini?
Fun
Perlukah Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini?

Penting enggak mempersiapkan dana pensiun sejak dini?

Kolaborasi Apik Swedish House Mafia dan The Weeknd di ‘Moth To A Flame’
ShowBiz
Kolaborasi Apik Swedish House Mafia dan The Weeknd di ‘Moth To A Flame’

Lagu Moth To A Flame resmi dirilis, bersamaan dengan video musiknya.