Kuliner
Bersiap untuk Ramadan, 6 Bahan ini Wajib Ada di Dapur Siapkan bahan masakan di dapur jelang Ramadan. (foto: Unsplash/jason briscoe)

RAMADAN sebentar lagi datang. Para ibu yang jadi pemimpin di dapur pastilah sudah mulai bersiap agar seluruh keluarga bisa menjalankan puasa dengan baik. Selain menjamin ketersediaan makanan, di masa pandemi ini, para ibu juga akan berusaha menyiapkan sajian yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Tak dimungkiri, menjalankan puasa Ramadan di masa pandemi membutuhkan penyesuaian. Salah satunya dalam hal berbelanja bahan makanan. Karena kamu tak bisa selalu pergi ke pasar atau supermarket setiap hari, menyimpan bahan makanan untuk beberapa hari jadi solusi.

Tak perlu beli berlebih. Belilah bahan makanan yang bisa disimpan untuk beberapa waktu, praktis, dan beragam. Berikut 6 bahan makanan yang wajib tersedia di dapurmu saat Ramadan.

BACA JUGA:

Salah Satu Terenak di Asia, Sayur Asem Segar khas Betawi

1. Bumbu dasar

bumbu dasar

Persediaan bumbu dasar bikin masak makin gampang. (foto: Instagram @gallerymasakan)

Dengan menyiapkan terlebih dahulu bumbu dasar, kamu enggak perlu repot menghaluskan bumbu sebelum memasak. Ada 3 jenis bumbu dasar yang harus kamu siapkan, yakni bumbu dasar putih, bumbu dasar kuning, dan bumbu dasar merah. Sediakan 3 jenis bumbu dasar di kulkas kamu, memasak pun akan jauh lebih praktis dan hemat waktu.

2. Kaldu

kaldu
Simpan kaldu beku dalam kemasan dan porsi sekali pakai.(foto: pixabay/lisaredfern)

Masakan berkuah hangat makin lezat, gurih, dan beraroma dengan tambahan kaldu. Menu sedap seperti sup, bakso, dan berbagai macam mi akan lebih sedap ditambahkan kaldu ke dalamnya. Di bulan puasa, ada baiknya kamu menyimpan berbagai macam kaldu sebagai persediaan agar tak repot membuat dari awal.

Cara menyimpannya, masukkan kaldu ke wadah plastik kecil yang pas seukuran sekali pakai. Masukkan ke freezer. Dengan begitu, kaldu akan lebih tahan lama dan nutrisinya terjaga.

3. Makanan beku

Meskipun banyak pilihan frozen food di supermarket, bikin sendiri lebih sehat. (foto: pixabay/elasticcomputefarm)

Menyajikan makanan beku (frozen food) mungkin jadi pilihan utama di saat rasa malas melanda. Jika sudah begitu, tak ada salahnya memang untuk menyiapkan beberapa macam makanan beku di freezer kamu.

Namun, ketimbang menyajikan frozen food kemasan yang berpengawet, kamu bisa bersiap memasak sendiri lalu bekukan. Pilihan menunya beragam, mulai dari nugget, bakso, siomay, atau bahkan ayam ungkep. Setelah masak, simpan semua makanan beku itu dalam wadah kedap udara lalu masukkan ke freezer. Saat tiba waktunya sahur, kamu tinggal menghangatkannya atau menggorengnya. Praktis dan tetap sehat.

4. Buah-buahan

fruits
Buah-buahan wajib ada di kulkas. (foto: pixabay/hevoli)

Berpuasa bukan berarti mengurangi asupan nutrisi ke dalam tubuh kamu. Agar semua kebutuhan vitamin terpenuhi, kamu wajib mengasup buah-buahan.

Jangan lupa untuk selalu mengisi kulkas kamu dengan berbagai jenis buah segar nan sehat. Pear, semangka, apel, dan pisang bisa jadi pilihan kamu di bulan puasa ini. Selain disantap begitu saja, buah juga bisa kamu olah jadi es buah, jus, atau bahkan sup buah. Segarnya.

5. Roti kering atau beku

bread
Roti bisa jadi menu praktis saat sahur. (foto: pixabay/congerdesign)

Selain makanan beku, makanan praktis lain yang bisa kamu stok ialah roti. Jika biasanya roti disantap saat sarapan atau untuk camilan, di bulan puasa, konsumsi roti kamu mungkin lebih sedikit. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memasukkan roti ke dalam kulkas agar tahan lama.

Pilihlah roti tanpa isi dan topping, semisal baguette, roti tawar, roti maryam, dinner roll, atau bakpao. Untuk menikmatinya, kamu tinggal menambhkan topping sesuka hati lalu panaskan di microwave.

Pilihan lain, roti beku bisa diolah menjadi sajian manis atau sain yang tak kalah nikmat, semisal puding roti atau roti isi ragout.

6. Makanan instan dan makanan dalam kaleng

instan noodle
Mi instan cuma jadi opsi terakhir kalau darurat. (foto: pixabay/ritaE)

Makanan ini harus jadi opsi terakhir saat keadaan darurat, sebab tetap lebih baik makan sahur daripada melewatkannya. Sebaiknya kamu tidak terlalu sering mengonsumsi makanan ini. Kandungan garam yang tinggi justru membuat kamu cepat mengalami dehidrasi. Selain itu, makanan ini juga penuh bahan pengawet. Konsumsilah secukupnya dan kalau bisa, tambahkan bahan lain seperti sayuran. Pilihan makanan yang bisa kamu simpan di antaranya sarden, kornet, sosis, mi instan, dan bubur instan.

Ayo cek, apakah isi dapur kamu sudah disiapkan untuk bulan Ramadan?(dwi)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Niat Banget, Seorang Pria Ubah Apartemen menjadi Pesawat Luar Angkasa
Fun
Niat Banget, Seorang Pria Ubah Apartemen menjadi Pesawat Luar Angkasa

Gara-gara ngefans dengan film Alien, seorang pria asal Barcelona mengubah desain interior apartemennya

Ponsel LG Gulung Tikar, Ini Penyebabnya
Fun
Ponsel LG Gulung Tikar, Ini Penyebabnya

Salah satu perusahaan elektronik ternama dunia, LG, dikabarkan akan menutup bisnis ponselnya

Ketatnya Aturan Berat Badan Ala Tiga Agensi Besar Industri K-Pop
ShowBiz
Ketatnya Aturan Berat Badan Ala Tiga Agensi Besar Industri K-Pop

Industri K-Pop blak-blakan menyebut seseorang gemuk.

Mengenal Google Doodle Hari ini, Pelopor Batik Indonesia KRT Hardjonagoro
Indonesiaku
Mengenal Google Doodle Hari ini, Pelopor Batik Indonesia KRT Hardjonagoro

Ia merupakan putra sulung dari keluarga Tionghoa di Kota Solo.

3 item terbaik dari Koleksi Pakaian One Piece x Kappa
Fashion
 Microsoft Word Kini Bisa Transkrip Percakapan di Web
Fun
Microsoft Word Kini Bisa Transkrip Percakapan di Web

Tak perlu lagi repot menulis kutipan percakapan seseorang.

Ragam Emoji Minta Maaf, Beberapa Ternyata Meleset!
Hiburan & Gaya Hidup
Ragam Emoji Minta Maaf, Beberapa Ternyata Meleset!

Beberapa emoji akhirnya sering jadi andalan seseorang untuk minta maaf.

St. Vincent Punya Banyak Inspirasi buat Album Anyarnya
ShowBiz
Ada ‘Captain America’ Baru di ‘The Falcon and The Winter Soldier’?
ShowBiz
Ada ‘Captain America’ Baru di ‘The Falcon and The Winter Soldier’?

Mengenakan seragam dan memegang perisai milik Captain America.