Bersepeda Bikin Hidup Lebih Lama Bersepeda memberikan manfaat yang luar biasa. 9Foto: Pexels/pixabay)

BERSEPEDA bagi sebagian orang memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik. Sebenarnya banyak manfaat dari bersepeda, seperti hemat energi dan mengurangi polusi. Sebaiknya kamu mulai bersepeda ketika keluar rumah, banyak manfaat yang dapat diperoleh.

Meningkatkan kinerja otak

otak
Dengan Bersepeda Otakmu Akan Lebih Kuat (Foto Steemit)


Penelitian University of Illinois menemukan fakta tentang meningkatkan kebugaran kardio pernapasan dari bersepeda. Penelitian tersebut menyebutkan ada peningkatan hingga 15 persen dalam tes mental. Ini dikarenakan bersepeda dapat membantu membangun sel-sel otak baru di wilayah otak yang bertanggungjawab untuk memori. Sekedar info bahwa bagian itu biasanya memburuk sejak umur 30 tahun.

Meminimalisir risiko sakit jantung

jantung
Mengurangi risiko sakit jantung (Foto Gmoevidence)

Purdue University dalam penelitiannya menyebutkan jika bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen. Menurut British Heart Foundation, sebanyak 10 ribu serangan jantung dapat dihindari setiap tahunnya dengan menerapkan hidup sehat. Kamu hanya butuh bersepeda sejauh lima kilometer per minggunya untuk menurunkan risiko sakit jantung.

Hidup Lebih Lama

hidup
Meningkatkan hidup lebih lama. (Foto Pexels/Kaboompics)

Kamu yang suka bersepeda memiliki risiko terkena penyakit lebih rendah. Seperti diabetes, semua jenis kanker, tekanan darah tinggi dan obesitas. Tubuh akan jauh lebih baik dalam membangun sitem imun dan selalu meregenerasi sel-sel yang baru. Itu manfaat dari bersepeda selama 45 menit dalam seminggu.

Membuat awet muda

awet muda
Terlihat lebih muda dari umur aslinya. (Foto TheStar)

Para ilmuwan di Stanford University menemukan bahwa bersepeda dapat melindungi kulit dari efek radiasi UV dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Bersepeda juga meningkatkan produksi kolagen (protein) dalam tubuh, membantu mengurangi keriput, dan mempercepat proses penyembuhan.

Kualitas aktivitas bercinta lebih baik

pasangan
Bersepeda menurunkan risiko impotensi. (Foto: Pexels/Pixabay)

Menurut pakar kesehatan di Amerika Serikat bersepeda dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah kamu. Dengan demikian dapat menimbulkan efek peningkatan dorongan seks kamu. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menemukan bahwa pria yang sudah berusia lebih dari 50 tahun, dengan bersepeda selama tiga jam dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena impotensi sebesar 30 persen dibandingkan mereka yang jarang bersepeda. (ape)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH