Bersejarah Panas, Anies Berencana Bangun Pasar Ini Lagi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) dan Sandiaga Uno. ANTARA FOTO

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah usai melaksanakan rapat pimpinan (Rapim) di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Senin (13/11). Dalam Rapim itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Direktur PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin berencana akan melakukan pembangunan kembali Pasar Senen.

"Kita juga membicarakan mengenai rencana untuk pembangunan Pasar Senen. Tadi baru paparan umum oleh Direktur Pasar Jaya," kata Anies di Balai Kota.

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, butuh perencanaan yang matang untuk bisa mengubah Pasar Senen menjadi lebih baik lagi.

"Kita akan review lebih jauh karena kita ingin menjadikan tempat itu lebih dari sekedar pasar tapi kita ingin membangun (Transit Oriented Development) TOD di situ," beber Anies.

Anies juga berharap, nantinya pasar yang kerap dilalap si Jago Merah tersebut tak hanya pusat di perbelanjaan, tapi juga sebagai sentral transportasi.

"Harapannya tempat itu lebih dari sekedar pasar tapi juga bersamaan dengan pusat transportasi. Itu garis besar pertemuan rapim tadi. Rapimnya cenderung lebih singkat karena mereka harus ke DPRD," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran Pasar Senen, Jakarta Pusat sudah terjadi sebanyak lima kali. Pertama kebakaran terjadi pada tahun 1974 disusul pada tahun 2003, 2009, 2010, 2014, kemudian yang terbaru pada 19 Januari 2017 lalu.

Hingga saat ini pasar tersebut tak bisa digunakan lagi dan terlihat hitam pekat di sisi gedung pasar akibat dilalap si Jago Merah. (Asp)

Kredit : asropih


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH