Bersedia Kembali Jadi Wakil Ketua DPR, Fadli Zon Siap 'Hantam' Jokowi Wakil Ketua DPR Fadli Zon. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Waketum Gerindra Fadli Zon menyerahkan kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto terkait Wakil Ketua DPR periode 2019-2024. Fadli mengaku siap bila dicalonkan kembali.

"Tapi rasanya sih saya lebih cocok menyuarakan suara rakyatlah," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8).

Baca Juga: Melihat Calon dan Penetapan Ketua DPR Menurut UU MD3

Fadli mengaku dirinya lebih cocok untuk diberi mandat di DPR ketimbang menjadi pimpinan MPR. Pasalnya, ia bisa mengkritisi pemerintah dalam hal ini Joko Widodo.

"Saya sih lebih memilih di DPR lah ya. Karena di DPR kita bisa lebih bebas menyuarakan suara rakyat lebih bebas dalam menyampaikan aspirasi rakyat kita juga bisa lebih kritis dan kekritisan itu juga penting bagi pemerintah, pemerintah manapun bahkan kalau Pak Prabowo kemarin jadi presiden pun penting ada suara kritis dari DPR," tutur dia.

Politisi Gerindra Fadli Zon kritik wacana amandemen UUD 1945
Politisi Gerindra Fadli Zon kritik wacana amandemen UUD 1945 (MP/Rizki Fitrianto)

Kendati demikian, Fadli mengatakan hingga saat ini belum ada mandat dari Prabowo terkait pimpinan DPR maupun MPR.

"Belumlah, Pak Prabowo yang memutuskan siapa. Ya nanti tergantung dari hasil ini lah ya saya kira itu bagian dari tugas sebagai pengurus di DPP dan sebagainya," kata Fadli

Termasuk juga bisa mengawasi jalannya pemerintahan sesuai dengan tugas dan fungsi anggota dewan.

Baca Juga: Disebut Jadi Calon Kuat Ketua DPR, Begini Reaksi Puan Maharani

“Karena kekritisan itu juga penting bagi pemerintah. Bahkan, jika Pak Prabowo kemarin jadi presiden pun tetap penting ada suara kritis di DPR,” katanya.

Namun demikian, Fadli mengatakan, sampai saat ini Prabowo belum memutuskan siapa yang bakal ditempatkan oleh Partai Gerindra untuk menduduki jabatan pimpinan DPR.

“Belum ada. Sampai saat ini Pak Prabowo belum memutuskan siapa, nanti tergantung hasil rapat di DPP,” ungkapnya.

Selain dirinya, ada nama lain yang juga bakal dicalonkan oleh Gerindra sebagai pimpinan MPR. Itu adalah Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ahmad Muzani.

Fadli mengatakan, dari calon-calon tersebut dia tidak mengetahui siapa kandidat yang terkuat. Biarkan ketua umumnya Prabowo Subianto yang menentukan.

Baca Juga: Dua Alasan Puan Maharani Layak Jadi Ketua DPR

‎”Ya nanti kita serahkan ke Pak Prabowo saja. Biar beliau menilai,” pungkasnya.

Sekadar informasi pimpinan DPR merujuk pada UU Nomor 2/2019 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 7/2014 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD (MD3( diisi oleh partai pemenang pemilu sehingga untuk kursi Ketua DPR maka dambil alih oleh PDIP. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH