Presiden Jokowi (tengah) bersama tokoh lintas agama menyerukan persatuan di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (16/5). (FB/Presiden Joko Widodo)

Presiden Joko Widodo bersama dengan para tokoh lintas agama meminta kelompok masyarakat yang terbelah pasca Pilgub DKI Jakarta menjaga keutuhan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal disampaikan saat melakukan konferensi pers usai bersilahturahmi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/5) sore.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyerukan untuk menghentikan gesekan antarkelompok yang akhir-akhir ini menguat.

"Jikalau pun dalam beberapa waktu terakhir ini ada gesekan antar kelompok di masyarakat, mulai saat ini saya minta hal-hal tersebut, gesekan tersebut untuk segera dihentikan. Jangan saling menghujat karena kita ini adalah saudara. Jangan saling menjelekkan karena kita ini adalah saudara. Jangan saling memfitnah karena kita ini adalah bersaudara. Jangan saling menolak karena kita ini adalah saudara," kata Jokowi.

Ketua MUI KH Ma'ruf Amin yang turut hadir juga mengatakan siap membantu pemerintah menjaga kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami juga mendukung upaya pemerintah untuk menghentikan segala upaya yang dapat menimbulkan terjadinya konflik di masyarakat. Kami sepakat untuk menguatkan rasa kebangsaan Indonesia dan menguatkan persaudaraan sebangsa dan setanah air atau yang kita sebut dengan ukhuwah islamiyyah. Dan kami akan berusaha memperbanyak dialog-dialog kebangsaan atau halaqah kebangsaan di dalam kalangan masyarakat, supaya rasa kebangsaan masyarakat semakin kuat dan keutuhan bangsa semakin dapat terjamin," katanya.

Jokowi juga menyatakan telah memerintahkan Kapolri dan Panglima TNI untuk tidak ragu-ragu menindak tegas segala bentuk ucapan dan tindakan yang mengganggu persatuan dan persaudaraan.

"Yang mengganggu NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Yang tidak sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," kata Jokowi.

Baca juga berita terkait lainnya: Pesan Perdamaian Presiden Jokowi Dari Masjid Niujie Beijing



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH