Ramadan

'Bersama Lebih Bermakna' Ajak Tunanetra Baca Alquran

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 13 April 2023
'Bersama Lebih Bermakna' Ajak Tunanetra Baca Alquran
Wardah menggelar kampanye 'Bersama Lebih Bermakna' selama Ramadan 2023. (foto: Merahputih.com/Dekritawj)

SUARA azan bergema di subuh itu. Segenap manusia bangun, siap menjalankan aktivitas. Dengan mengenakan hijab abu-abu, Bu Erny menumpang ojek daring ke masjid. Tujuannya satu: belajar baca Alquran. Saat sampai di tujuan, seorang perempuan menyambutnya. "Selamat pagi, Bu Erny. Semangat ya belajar baca Alquran-nya," ujarnya.


Bu Erny ialah pembelajar spesial Alquran. Tak seperti muslim lainnya, ia membaca kitab suci umat Islam itu dengan cara menyentuhnya. Meraba huruf demi huruf yang tercetak. Ya, Bu Erny ialah seorang tunanetra.

BACA JUGA:

Al-Qur'an Braille yang Ramah untuk Teman-teman dengan Hambatan Penglihatan


Kisah Bu Erny belajar baca Alquran itu ditampilkan dalam sebuah video nan disebarkan Wardah via akun Instagram mereka. Cerita tersebut menjadi bagian dari kampanye Bersama Lebih Bermakna yang diluncurkan Wardah di Ramadan 2023 ini. Lewat kampanye ini brand skincare kenamaan Tanah Air ini mengajak masyarakat bergerak membawa manfaat di bulan Ramadan nan penuh makna.


Demi meraih kesuksesan untuk kampanye baik ini, Wardah menggandeng sejumlah pihak. Salah satunya ialah Komunitas Belajar Al Qur’an Braille Malang, Jawa Timur. Komunitas tersebut sudah memberikan kontribusi terbaik mereka. Sama seperti tahun sebelumnya, Wardah kembali mengetuk hati masyarakat Indonesia dengan program-program pilihan mereka. Tentunya lewat kegiatan yang positif dan bermanfaat. Tahun ini, Wardah menggandeng komunitas dan para relawan di bidang tunanetra.

“Perkumpulan kami ini sebenarnya bukan bentuk komunitas. Jadi saya ambil dari cerita singkat pengalaman saja. Ketika pindah ke Malang, saya tidak bisa melihat. Kalau teman-teman di Malang bilangnya mualaf tunanetra," jelas Founder Komunitas Belajar Qur’an Malang Citra Damauani Agus kepada Merahputih.com di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (12/4).

BACA JUGA:

Intip Empat Tren Wardah Make Up Ramadan Look 2022

Program Wardah dan Komunitas Belajar Al Qur’an Braille ini ditujukan ke teman-teman yang memiliki kekurangan dalam penglihatan untuk belajar membaca Alquran. Meski begitu, masih ada tantangan tersendiri dalam program ini. Banyak peserta yang kesulitan membagi waktu belajar membaca Alquran Braille.

Tak hanya itu, Citra mengatakan ia baru mengetahui permasalahan yang hadapi. Mayoritas penyandang tunanetra yang ikut serta ternyata buta huruf. Bahkan mencapai 90 persen. Namun, menurut Citra, para tunanetra memiliki keinginan yang besar untuk belajar membaca Alquran meski beberapa kendala menghalangi.

Wardah
Citra bercerita tentang komunitas Belajar Al qur'an Braille.(foto: Merahputih.com/Dekritawj)

“Jadi akhirnya dari satu bertambah jadi dua, tiga, empat, sampe akhirnya menjadi 20 orang. Kami sama-sama memiliki keinginan yang satu walaupun seadanya dan belum ketemu pengajar seperti di Jakarta yang sudah banyak sekali,” jelasnya.

Dengan kemauan sama-sama belajar, Citra berharap, setelah pembentukan komunitas ini, akan lebih banyak lagi pengajarnya sehingga kegiatan mereka bisa menjadi lebih tertata.(dkr)

BACA JUGA:

6 Looks Makeup Wardah x Wearing Klamby di London Fashion Week 2022

#Ramadan #Kosmetik Wardah
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan