Kesehatan

Bersahabat dengan Tubuh, Jangan Dimusuhi

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 28 Desember 2019
Bersahabat dengan Tubuh, Jangan Dimusuhi
Diet tahun 2020 tanpa diet. (Foto: Pexels/bruce mars)

TAHUN 2020 sudah di depan mata tapi kamu masih berkutat soal berat badan dan melakukan diet. Bagaimana kalau tidak perlu diet sebagai gantinya hidup sehat dan berdamai dengan tubuh kamu.

Nutrisionis asal Sydney, Jessica Sepel pada laman Daily Mail mengatakan bahwa yang diperlukan orang-orang di tahun depan adalah resolusi sehat.Tak perlu diet atau olah raga yang terlalu berat. Dengan demikian menurut Sepel orang akan jauh lebih sehat.

Baca Juga:

Jangan Dicukur, Bulu Ketiak Punya Segudang Manfaat

Angka Kalori

makan
Jangan pusingkan angka kalori atau karbo. (Foto: Pexels/Stockpic)

Menurut Sepel kebanyakan orang hanya melihat kesehatan hanya gaya hidup sesaat, padahal yang harus ditanamkan di kepala adalah kesehatan merupakan gaya hidup jangka panjang. Mulailah dengan satu langkah dan menyusul langkah berikutnya. Dia juga menyarankan jangan memusingkan angka-angka kandungan kalori, karbo dan lain sebagainya. Lebih fokus pada kebutuhan gizi yang cukup dan makanan yang dikonsumsi.

Dia juga menyarankan untuk tidak memusuhi makanan, yang ada malahan terjadi dorongan dalam diri untuk makan lebih banyak. Disamping itu juga menciptakan perasaan negatif terhadap makanan. Dia menyarankan makan saja seperti biasa asal memenuhi kebutuhan tubuh seperti karbo, protein, lemak dan serat.

Daripada beli makan dari luar atau ke restoran, lebih baik memasak sendiri dengan begitu dapat menjadikan tubuh lebih baik dan sehat.

Baca Juga:

Mau Awet Muda dan Tetap Cantik? Cegah Penuaan Dini dengan Buah Delima

Perbaiki Hubungan dengan Tubuh

tubuh
Bersahabatlah dengan tubuh. (Foto: Pexels/Dennis Magati)

Kebanyakan orang yang melakukan diet menurunkan berat badan seperti bermusuhan dengan tubuhnya sendiri. Jadi pahami tubuh kamu sendiri dan dengarkan kebutuhannya. Dengan demikian Sepel mengatakan akan muncul pilihan-pilihan yang lebih sehat dan membuat hidup menjadi lebih baik.

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan minum air putih sesuai takaran normal. Bawalah botol minuman di dalam tas dan minumlah secara teratur sepanjang hari.


Kegiatan

tidur
Istirahatlah tanpa melakukan kegiatan apapun. (Foto: Pixabay/xiangying_xu)

Yang tak boleh dilewatkan adalah istirahat yang cukup dan berkualitas. Dengan beristirahat tubuh akan memiliki kesempatan untuk memperbaiki dirinya. Yang Sepel maksudkan dengan istrihata adalah benar-benar istirahat tanpa ada kegiatan lainnya. Seperti membaca buku, ketemu teman atau masuk ke media sosial.

Berolahraga memang menjadi keharusan, namun olah raga yang dilakukan adalah bukan menjadi waktu ‘penghukuman’ pada tubuh. Cari kegiatan olah raga yang memang kamu sukai dan tubuh menerima dengan baik. (psr)


Baca Juga:

4 Gangguan Mental yang Paling Banyak Diderita

#Makan Sehat #Makanan Diet #Menu Makanan #Diet
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan