Bersahabat dengan Sulli dan Jonghyun, Selebritas ini Amat Terpukul Kematian Jonghyun dan Sulli membuat teman-teman mereka terguncang.(Sumber: Pinterest/Sulli Choi Jin Ri)

SAHABAT merupakan sumber kekuatan. Frasa tersebut rasanya terdengar semakin cocok jika kita sematkan ke para idola Korea. Industri menuntut mereka selalu tampil sempurna. Namun, di balik itu semua, mereka hanya manusia biasa. Mereka bisa letih dengan padatnya aktivitas dan terluka karena kritik tajam warganet.

Untuk melewati itu semua, sahabat ialah sosok yang mampu membuat mereka kembali berdiri tegak. Lewat celoteh-celoteh ringan saja kehadiran sahabat mampu meringankan beban yang ada di pundak. Namun, bagaimana jika sumber kekuatan itu pergi darimu? Bagaimana jika mereka memutuskan pergi tanpa pesan dan tak mungkin kembali?

BACA JUGA: Potret Tragis Kehidupan Sulli: Raih Popularitas di Usia Muda Hingga Mati di Usia Muda

Selebritas berikut tahu persis bagaimana terpuruknya kehilangan sahabat untuk selama-lamanya. Tragisnya lagi, kepergian mereka karena bunuh diri. Sulli dan Jonghyun ialah dua nama pesohor Korea yang memilih untuk mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Para selebritas berikut bersahabat baik dengan keduanya. Mereka begitu terpuruk saat keduanya pergi hanya berselang dua tahun. Siapa sajakah selebritas Korea paling terpuruk saat ini?

1. Taeyeon SNSD

Sulli Taeyeon Jonghyun
Taeyeon (Sumber: New Straits Times)

Nama Taeyeon mungkin berada di daftar paling atas saat melihat sosok paling terpuruk saat ini. Bagaimana tidak? Di tengah perjuangannya melawan depresi yang dialami, Taeyeon harus kehilangan dua sahabatnya sekaligus, Jonghyun dan Sulli yang juga karena disebabkan depresi.

Pada Desember 2017, Jonghyun SHINee terlebih dulu meninggalkannya. Kepergian Jonghyun kala itu benar-benar membuatnya terpukul. Dirinya mengekpresikan dukanya di Instagram pribadinya, @taeyeon_ss. "Itu adalah kamu dan tidak ada seorang pun yang tidak mencintaimu karena ada yang lain, kamu berbeda. Aku sangat menyukai dan mencintaimu. Aku ingin menyemangati dan memelukmu sekali lagi," ujar Taeyeon.

Ia juga mengungkapkan penyesalan dan rasa rindunya karena tak bisa lagi memeluk Jonghyun. "Aku rindu ketika aku meneleponmu dan kamu akan menjawab, 'ya' dengan nada tinggi. Jonghyun, aku merindukanmu," tulisnya.

Dua tahun kemudian, ia harus kehilangan sahabatnya yang lain, Sulli. Taeyeon dan Sulli sudah bersahabat sejak menjalani masa karantina bersama. Keduanya tinggal bersama dan menghabiskan waktu bersama. "Dulu aku tinggal bersama Kak Taeyeon saat SMA. Kala itu, dia berkata bahwa aku makan seperti bayi," kenang mendiang Sulli ketika tampil di acara Jinri Store.

"Kamu ingat itu? Sudah lama sekali sejak kita mengukir kenangan indah bersama," balas Tayeon yang saat itu sengaja mengunjungi pembukaan pop store milik Sulli. Setelah keduanya meninggal, penggemar begitu menghawatirkan kondisi Taeyeon dan membanjiri kolom komentar dengan kata-kata penyemangat.

2. IU

IU
IU (Sumber: Allkpop/Koreaboo)

Sosok IU mungkin menjadi orang yang terpukul selanjutnya akan kepergian dua artis berbakat besutan SM Entertainment tersebut. Sama seperti Taeyeon, IU sempat berjuang melawan gangguan mental yang dialaminya, bulimia. Dia akan melahap makanan terus-menerus hingga penuh lalu memuntahkannya kembali.

Setelah melewati terapi, kondisinya pun membaik. Sebagai reward, Sulli yang merupakan sahabatnya memberikan food truck kala IU syuting drama Hotel Del Luna. Diketahui, keduanya sudah bersahabat selama 8 tahun. Persahabatan mereka begitu manis. Lagu berjudul Peach yang diciptakan IU rupanya terinspirasi dari sahabatnya yang bernama Choi Jin-ri itu.

Kepergian Sulli tentu meninggalkan duka dan guncangan bagi IU. Ia bahkan rela menunda seluruh aktivitasnya di dunia hiburan kala Sulli dinyatakan tak bernyawa. Dua tahun sebelum berduka atas kepergian Sulli, IU telah lebih dahulu berduka saat Jonghyun SHINee meninggal dunia. Keduanya bersahabat baik. Jonghyun bahkan pernah mendedikasikan lagi berjudul A Gloomy Clock untuk IU di album ketiganya, Modern Times.

Keduanya bersahabat baik karena debut di waktu yang bersamaan. "Jonghyun dan aku debut di tahun yang sama. Dia adalah seorang kolega yang memiliki mimpi yang sama denganku. Kami juga memiliki kekhawatiran dan masalah yang sama tetapi juga melewati perkembangan yang sama sebagai seniman," demikian pidatonya saat tampil di 32nd Golden Disc Awards. Ia mengaku menyesal karena tak bisa mendampingi Jonghyun melewati masa-masa sulit. Kini penyesalan tersebut kembali dengan sahabat yang lain.

3. Minho SHINee

Sulli Minho dan Jonghyun
Choi Minho (Sumber: Soompi)

Minho merupakan rekan setim Jonghyun. Menghabiskan aktivitas bersama setiap hari membuat keduanya berteman baik layaknya keluarga. Kepergian Jonghyun membuat Minho terguncang berat. Ia dikabarkan pingsan saat pemakaman karena tidak percaya bahwa temannya tersebut telah tiada. Kesetiaan Minho sebagai sahabat terlihat dari kerelaannya membawa peti jenazah sahabatnya ke peristirahatan terakhir. Meskipun berusaha tegar di hadapan awak media, Minho tak bisa menyembunyikan duka lara yang menyelimuti hatinya.

Belum usai pedih di hatinya setelah kepergian sahabat, Minho kembali kehilangan teman baiknya, Sulli. Bertemu saat usia belia, Minho menganggap Sulli sebagai adik kecilnya. "Aku selalu menganggap dia sebagai adik kecilku karena aku melihatnya saat ia sekolah dasar dan kami karantina di perusahaan manajemen yang sama," ujarnya saat promosi drama terbaru mereka, To The Beautiful You.

Seusai menjalani syuting tersebut, ,hubungan keduanya pun semakin dekat dan bersahabat. Kepergian Sulli kali ini tampaknya jauh lebih menyedihkan bagi Minho. Ia tak sempat bertemu Sulli untuk terakhir kalinya karena tengah menjalani wajib militer.

4. Amber Liu

Amber Liu
Amber Liu (Sumber: Kpopstarz/Korean ENT)

Amber merupakan rekan Sulli di grup besutan SM Entertainment, f(x). Menjalani masa promo, manggung, dan tampil di variety show yang sama membuat keduanya bersahabat baik. Kala Sulli memutuskan rehat dari industri hiburan, keduanya masih saling mendukung. Kepergian Sulli tentu meninggalkan pukulan bagi Amber. Ia bahkan langsung membatalkan seluruh aktivitasnya demi mengantar Sulli ke peristirahatannya yang terakhir.

Sebelum Sulli, Amber sudah berduka akan kepergian Jonghyun. Keduanya diketahui berteman baik sejak tergabung di agensi yang sama. Sebagai member asing, bahasa Korea tentu bukanlah bahasa utamanya. Ia pun terbata-bata saat berbicara dalam bahasa Korea. Pada saat itu, Jonghyun dengan hangat membantunya. "Ketika aku malu, kamu tak pernah menilaiku negatif. Kamu mencoba yang terbaik untuk memahami bahasa Koreaku yang tak sempurna dan mengulurkan tanganmu," kenangnya.

Ketika masih berada di agensi yang sama dengan Jonghyun, Amber kerap disebut-sebut sebagai kembaran Jonghyun. Kendati demikian, bukannya kesal, Amber justru bangga. "Ketika orang-orang meledek kamu dan aku kembar, sejujurnya aku begitu bangga karena ku ingin menjadi sosok yang luar biasa sepertimu. Terima kasih. Aku sangat berterima kasih bisa menjadi adik untukmu," ujarnya di Instagram.(avia)

BACA JUGA: Sulli akan Dimakamkan dalam Upacara Tertutup

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH