Bersahabat dengan Stres, Jauhi Orang Berpikiran Negatif!

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 22 September 2017
Bersahabat dengan Stres, Jauhi Orang Berpikiran Negatif!
Stres mendera. (Foto: Pixabay)

PERSEPSI adalah realitas yang harus Anda hadapi. Saat berpersepsi negatif, Anda akan berhadapan dengan realitas buruk. Dan Anda bisa stres. Jika ingin hal-hal baik senantiasa mengiringi hidup Anda, mulai sekarang ubah cara pandang dengan melihat segala sesuatu dari sisi positifnya.

Saat stres, lawan persepsi buruk Anda. Ketika kehilangan pekerjaan, jangan katakan "Saya tidak sanggup menjalaninya." Tapi, ucapkanlah, "Ini adalah perubahan besar dalam hidup saya. Ada pekerjaan yang lebih baik menanti dan saya harus berubah."

Berkomitmenlah dengan ucapan Anda. Lakukan perubahan-perubahaan berikut ini.

1. Jauhi orang-orang berpikiran negatif. Mereka tidak akan mendukung Anda untuk berpikiran positif. Setelah Anda berhasil mengelola stres, Anda dapat kembali berkumpul dengan mereka tanpa terbawa berpikiran negatif.

2. Yakini bahwa orang lain tidak punya hak menghancurkan hari-hari Anda! Hanya Anda yang berkuasa atas hidup Anda.

3. Tanyakan pada diri Anda, "Apa yang telah saya katakan pada diri sendiri agar saya merasa (isi dengan harapan baik Anda)?"

4. Selalu ingat, "Apa yang tidak merusak hidup Anda, akan menguatkan Anda."

5. Pertahankan pikiran positif dan buatlah mantra penguat seperti "Saya akan sukses".

6. Hindari mengucapkan kata seharusnya, selalu, tidak ada, tidak seorangpun, dan tidak bisa. Hal ini akan menghalangi kemampuan Anda.

Setelah perubahan dilakukan, kendalikan emosi. Kemarahan, ketakutan, kegembiraan dan kesedihan merupakan bentuk emosi yang perlu dikelola saat memperbaiki karakter. Kurangi kemarahan, ketakutan dan kesedihan. Perbanyak bersyukur dan bergembira.

Saat berubah, tidak perlu bersikap terlalu baik kepada orang lain karena hanya akan membuat Anda stres. Terakhir, buat tujuan. Sampaikan tujuan ini kepada keluarga, teman, pasangan dan rekan kerja agar mereka mengerti serta dapat membantu mencapainya. (*)

Dapatkan informasi lain mengenai manajemen stres pada artikel Lawan Stres Agar Terhindar Dari Keinginan Bunuh Diri.

#Stres #Mengatasi Stress #Gejala Stres #Manajemen Stres
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan