Berpulangnya Abdul Hamid, Pengisi Suara Tokoh Pak Ogah dalam Serial 'Si Unyil'

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 29 Desember 2022
Berpulangnya Abdul Hamid, Pengisi Suara Tokoh Pak Ogah dalam Serial 'Si Unyil'
Ingat Pak Ogah, ingat Abdul Hamid. (Foto: Instagram/@pakogah_real)

BONEKA itu berkepala plontos. Matanya bulat besar dengan alis melengkung di atasnya. Pipinya tembem dan hidungnya menyerupai terong. Itulah boneka Pak Ogah dalam serial televisi laris 1980-an, Si Unyil.

Pak Ogah jejaka lapuk, pengangguran, dan kere. Hidupnya saban hari mengelabui anak-anak di kampungnya untuk memperoleh uang. Dia malas bekerja. "Ogah, ah," begitu jawabnya dengan suara berat jika diajak mengerjakan sesuatu. Karena itulah, dia disebut Pak Ogah. Ogah dari bahasa Betawi, artinya 'enggak mau'.

Kalaupun harus bertindak, Pak Ogah minta uang lebih dulu. "Cepek duluuu, dong," serunya. Dari sinilah asal muasal sebutan 'Pak Ogah' untuk orang yang meminta uang para pengendara di putaran balik atau simpangan.

Saat malam tiba, Pak Ogah akan tidur di pos ronda. Untuk kemudian menyambut hari baru dengan pengulangan yang sama. "Cepek duluuu, dong."

Baca juga:

Suyadi, Pak Raden, Si Unyil dan Kenangan Masa Kecil

Suara Pak Ogah begitu khas, bertahan melampaui beberapa zaman. Namun hayat pengisi suaranya punya batas. Kemarin malam, (28/12), si pengisi suara Pak Ogah, Abdul Hamid, wafat dalam usia 74 tahun di Bekasi, Jawa Barat.

Abdul Hamid telah berjuang keras melawan sakit penyumbatan di otak selama empat tahun terakhir. Akibat sakit, dia kesulitan berkomunikasi. Dia beberapa kali masuk rumah sakit dan menjalani perawatan.

"Ia sempat dirujuk ke rumah sakit namun lebih memilih pulang karena alasan biaya," ungkap laman Antara (28/12).

Aktivitas Abdul Hamid menjelang hari-hari akhirnya terekam dalam akun instagram miliknya @pakogah_real. Di situ terlihat Abdul Hamid terbaring lemah. Namun, sesekali dia tampak segar, tersenyum ketika dikunjungi rekan-rekannya, dan makan lahap.

Beberapa orang telah menggalang dana untuknya. Salah satunya Melanie Subono, selebritis. Dia mengaku belum lama ini bersua dengan Pak Ogah untuk memberikan donasi yang digalangnya.

Baca juga:

Perjuangan Pak Raden untuk Hak Cipta 'Si Unyil'

"Selama jalan, Pak Ogah. Baru beberapa hari lalu tim kami pun kunjungan bulanan menyampaikan donasi kalian. Sekarang sudah enggak sakit lagi ya, pak. Semoga keluarga yang ditinggalkan dikuatkan,” kata Melanie dalam akun Instagramnya.

Abdul Hamid berkebalikan karakter dengan Pak Ogah. Dia pekerja keras dan fokus mendermakan hidupnya untuk pengembangan serial Si Unyil bersama drs. Suyadi alias Pak Raden, si pencipta tokoh-tokoh dalam Si Unyil sekaligus orang yang menggambar sosok Abdul Hamid ke dalam tokoh Pak Ogah.

Suatu hari Hamid pernah khawatir ladang pencariannya itu dimasuki orang yang mirip dengannya, dari postur sampai suaranya. Namanya Wawan Popeye.

Abdul Hamid berkeberatan Wawan menirunya. "Ini menyangkut rezeki," kata Hamid dalam Tempo, 4 Maret 1989. Namun, Wawan membantah meniru Abdul Hamid. Dia hanya meniru boneka Pak Ogah. Dia tak pernah bertemu dengan Abdul Hamid si pengisi suara itu.

Abdul Hamid boleh berbangga. Meski banyak orang kemudian mencoba menirunya, sosoknya sebagai Pak Ogah tak tergantikan. Dia tetap otentik sebagai tokoh Pak Ogah. Ingat Pak Ogah, ingat Abdul Hamid. Begitu sebaliknya. Selamat jalan, Pak Ogah. (dru)

Baca juga:

Pak Raden, Pencipta Tokoh Si Unyil Tutup Usia

#Si Unyil
Bagikan
Bagikan