Berpuasa Ternyata Bisa Meredakan Stres Lho, Ini Penjelasannya Berpuasa bisa meredakan stres (foto: pixabay/silviarita)

MEMASUKI bulan Ramadan, setiap umat muslim diseluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Dimana saat berpuasa menahan haus dan lapar dari mulai terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari diwaktu Magrib.

Kalian tau enggak guys? Ternyata puasa memiliki sebuah manfaat rahasia loh. Salah satunya yaitu membantu dalam meredakan stres.

Terkait hal itu rupanya bukan sekedar spekulasi atau isapan jempol belaka. Tapi ada penjelasan ilmiahnya loh guys.

Seperti yang dilansir dari freedomyou, stres bisa memicu respon kamu untuk berlari ataupun bertarung, menstimulasi kelenjar adrenal serta meningkatkan tekanan darah.

Stres kamu akan reda jika berpuasa (Foto: pixabay/stocksnap)



Dengan berpuasa, kamu justru bisa mengembalikan efek tersebut. Karena kelenjar adrenal dapat lebih stabil, serta membantu mengurangi kadar sodium yang bisa menurunkan tekanan darah. Karena itu, stres yang kamu alami pun perlahan akan reda.

Selain itu, berpuasa juga bisa membantu pikiran kamu lebih tenang. Seperti disaat kamu merasa tubuh kamu lebih lemas ketika puasa. Jika kamu merasakan demikian, justru pertanda baik.

Karena dengan kondisi fisik yang cendrung lebih kalem, pikiran kamu pun dapat ikut tenang dan santai. Karena itu, jika ada hal yang membuat kamu cemas, maka dengan sendirinya akan berkurang dan menghilang.

Kamu bisa berlatih mengontrol diri disaat berpuasa (Foto: pixabay/robbinhiggins)

Lalu, puasa juga bisa mencerahkan pandangan kamu loh guys. Karena kamu dapat menemukan perspektif baru jika meningkatkan sedikit upaya untuk menahan diri dari haus dan lapar. Adapun beberapa hal-hal yang kerap terjadi diluar kendali. Dengan berpuasa, kemampuan kamu untuk mengontrol diri akan lebih terasah


Selain itu berpuasa juga dapat membuat kemampuan otak kamu meningkat loh guys. Efeknya yakni menurunkan produksi hormon kortisol pada kelenjar adrenal, yang bisa membuat kamu tak mudah stres. Hal itu tentu sangat positif untuk kesehatan mental kamu.

Baca juga: Deretan Hal yang Tak Boleh Dilakukan Usai Berbuka Puasa, Bisa Berakibat Fatal!

Jadi, selain beribadah, berpuasa juga bisa memberikan efek yang positif bagi kesehatan tubuh kamu yah guys. Jangan sampai bolong-bolong puasanya, semangat!. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala