Berpotensi Jadi Klaster, Polisi Yang Jaga Demo Diminta Tes Swab Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo . (Foto: MP/Kanu).

MerahPutih.com - Aksi unjuk rasa yang terjadi belakangan ini, berpotensi besar menyebabkan terjadinya klaster Corona. Korbannya bisa dari pengunjuk rasa hingga polisi yang melakukan penjagaan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Pramono Yogo menegaskan, seluruh anggotanya wajib dilakukan test.

“Kita periksa semua tanpa terkecuali,” kata Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi wartawan, yang dikutip pada Senin (19/10).

Baca Juga:

KPAI: Libatkan Anak-anak Dalam Demo Melanggar Undang-undang

Sambodo menerangkan, pihak sebetulnya rutin mengadakan rapid tes COVID-19 untuk personel Ditlantas Polda Metro Jaya. Tapi, saat ini, seluruh anggota yang bertugas mengamankan demo wajib diperiksa kesehatannya.

Sambodo mengingatkan, seluruh anggota untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Kami bekali semua anggota dengan kebutuhan protokol kesehatan,” ucap dia.

Kabar teranyar, Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengungkapkan ada lima personelnya yang terjangkit COVID-19. Kelima personel polisi diketahui terpapar Corona selepas mengamankan demo UU Cipta Kerja yang berlangsung pada Kamis (8/10).

Hendra mengungkapkan para personel itu menjalani swab test mandiri pada Minggu (11/10) dan baru diketahui positif Corona pada Selasa (13/10).

Ilustrasi polisi amankan demo
Polisi amankan demo. (Foto: Antara).

"Ini masih di-tracing ya, apakah terpaparanya dari tempat demo atau bukan. Tapi yang jelas hasil swab test-nya didapatkan pascademo," kata Hendra.

Selain kelima orang tersebut, ada tiga lainnya yang dinyatakan positif Corona, sehingga total personel Polres Metro Bekasi yang terjangkit virus COVID-19 ada delapan personel.

Menurut Hendra, saat ini seluruh personel tersebut menjalani isolasi. "Saat ini semuanya isolasi mandiri," tandasnya.

Swab test massal dilakukan di polsek-polsek yang anggotanya terpapar Corona, yakni Polsek Cikarang Barat, Polsek Serang Baru dan Polsek Muara Gembong. (Knu).

Baca Juga:

Hampir Seribu Personel Gabungan Jaga Demo Mahasiswa Aliansi BEM SI

Kredit : joseph_kanugrahan


Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH