Berpikir Dua Kali sebelum Kamu Membeli RTX 4000 Series di 2022

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 15 Februari 2022
Berpikir Dua Kali sebelum Kamu Membeli RTX 4000 Series di 2022
Memakan banyak daya hingga 600 watt hanya untuk VGA saja. (Foto: Notebook Check)

NVIDIA berencana merilis VGA terbaru dengan arsitektur Lovelace. Meski bisa dibilang akan memiliki performa lebih besar dan bahkan dua kali lipat dari seri Ampere, kemungkinan kamu harus berpikir dua kali sebelum membeli VGA kece ini. Salah satu faktornya adalah penggunaan watt yang tinggi.

Mengutip dari laman Notebook Check, Nvidia GeForce RTX 4000 series yang salah satunya akan menghadirkan RTX 4090 dan RTX 4090 Ti ini akan membuatmu harus merogoh kocek untuk membeli power supply dan bahkan prosesor baru. Setidaknya power supply bermuatan 1.200 watt adalah pilihan optimal.

Baca juga:

Lebih dari 500 Game dapat Dimainkan di Steam Deck

Aristektur Lovelace yang ada pada RTX 4000 series ini juga membuatmu harus merogoh kocek lagi. Karena kamu harus membeli prosesor terbaru. Kemungkinan besar penggunaan RTX 4090 Ti membutuhkan generasi terbaru dari Intel i9-13900K demi mendapatkan performa maksimal pada rakitan PC. Akan tetapi racikan tersebut dapat kamu ulik seperti mengganti power supply ke 1.000 watt, akan tetapi sangat riskan akan kerusakan komponen.

Membutuhkan prosesor tinggi untuk optimisasi performa. (Foto: Technologia)
Membutuhkan prosesor tinggi untuk optimisasi performa. (Foto: Technologia)

Bila bertanya kenapa harus menggunakan power supply yang besar, tentu penggunaan VGA Nvidia arsitektur Lovelace yang memiliki CUDA core besar membutuhkan watt tinggi. Bahkan menurut salah satu dataminer, 600 watt adalah sweet spot untuk TDP VGA dan kamu harus memikirkan sisa watt untuk TDP pada komponen lainnya demi membuat performa VGA menjadi maksimal dan awet dalam jangka panjang. Sebelumnya RTX 2080 membutuhkan TDP sebesar 250 watt, serta RTX 3080 dan 3090 Ti membutuhkan 300 dan 450 watt.

Baca juga:

HUAWEI P50 Pro Resmi Hadir, Hadirkan Pengalaman Fotografi Kelas Atas

Loncatan besar pada teraflops dari Ampere ke Lovelace. (Foto: Technologia)
Loncatan besar pada teraflops dari Ampere ke Lovelace. (Foto: Technologia)

Loncatan besar dari Ampere ke Lovelace ini mungkin akan memiliki dua kali lipat dan bahkan hampir tiga kali lipat dari segi performa, akan tetapi dengan mengorbankan daya listrik yang sangat tinggi. Pada datamining sebelumnya, arsitektur Lovelace AD102 GPU ini memungkinkan pengguna untuk dapat merasakan kekuatan komputerisasi hingga 66.4 Teraflops di 1.8 Gigahertz, berbeda dengan RTX 3090 yang hanya memiliki 35 Teraflops saja.

Banyak faktor yang mungkin akan membuatmu harus merakit ulang, dari membeli ulang motherboard dikarenakan PCIe yang tidak mendukung hingga mengganti prosesor ke yang lebih tinggi lagi. Apakah kamu sudah siapkan bujet untuk rakit PC high-end ala sultan dengan RTX 4090, atau sudah menyiapkan komponen lainnya dan hanya siap untuk hadirkan VGA terkini ini di PC kamu? (dnz)

Baca juga:

HUAWEI P50 Pro Siap Hadir 11 Februari 2022 untuk Pasar Indonesia

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan