Berpelukan Ternyata Baik Bagi Kesehatan

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Rabu, 11 Maret 2015
Berpelukan Ternyata Baik Bagi Kesehatan
pinterest

MerahPutih Kesehatan – Sebenarnya ada cara mudah yang dapat dilakukan untk menghilang stres. Tidak perlu mengeluarkan biaya dan tidak perlu bepergian untuk berlibur.

Jangan remehkan khasiat dari berpelukan. Karena beberapa penelitian menyebutkan stres tersebut dapat hilang dengan berpelukan. (Baca: 5 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur)

Seperti sebuah riset yang digagas Dr Harold Voth, senior psikater dari Kansas, Amerika Serikat, menyebutkan berpelukan mampu mengusir depresi, mentune-up sistem kekebalan tubuh, tidur lebih nyenyak, dan awet muda.

Mengapa demikian? Karena ketika berpelukan, tubuh melepaskan oxytocin, hormon yang berhubungan dengan perasaan cinta dan kedamaian yang bekerja menekan hormon penyebab timbulnya stress. (Baca: Penggunaan Emoji dalam Chat Tunjukkan Hasrat Seks Seseorang?)

Hal ini didukung pula dari hasil penelitian yang dikeluarkan oleh jurnal Psychosomatic Medicine, pelukan hangat dapat melepaskan oxytocin, hormon yang berhubungan dengan perasaan "cinta dan kedamaian".

Sebuah penelitian lain yang menunjukka berpelukan baik bagi kesehatan dilakukan oleh Dr Karen Grewen, peneliti asal Universitas North Carolina. Penelitian tersebut menunjukan wanita lebih responsif untuk memeluk pasangannya. Menurutnya, hal itu terjadi karena oxytocin lebih memiliki hubungan dekat dengan hormon estrogen yang diproduksi wanita.

#Kesehatan #Hubungan Sehat #Manfaat Berpelukan
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan