Berpasangan dengan Uu, Ridwan Kamil Sebut Saling Melengkapi Pasangan bakal calon gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dalam Pilgub Jabar 2018. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Teka–teki siapa pasangan bakal calon gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam Pilgub Jabar 2018 akhirnya terjawab. Partai koalisi pengusung Ridwan Kamil sepakat menunjuk politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Uu Ruzhanul Ulum, sebagai pendamping Wali Kota Bandung itu.

PDIP yang sebelumnya juga akan mendukung Riwan Kamil akhirnya memutuskan mengusung kadernya sendiri. Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menuturkan penetapan Uu Ruzhanul Ulum sebagai wakilnya diambil dalam rapat yang dihadiri dua orang ketua umum parpol pengusungnya dan perwakilan dari dua parpol koalisi pengusungnya.

“Saya ditelpon oleh sekjen PDIP, bahwa PDIP punya pertimbangan sendiri. PDIP mengusung sendiri kadernya. Sementara koalisi sudah mufakat dengan pasangan Emil-Uu,” kata Ridwan Kamil, Jakarta, Minggu (7/1).

Sebelumnya, pihak PDIP sempat menyebut akan meminang Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat.

Menurut Kang Emil, keempat partai koalisi, Nasdem, PKB, PPP dan Hanura, sudah sepakat untuk mengusung dirinya dan Uu Ruzhanul Ulum.

“Itu yang dijadikan kemufakatan. Dijadwalkan hari ini kita mengisi formulir untuk kemudian didaftarkan ke KPUD,” katanya.

Rencananya hari ini, Kang Emil akan menemui para ketua umum parpol pengusungnya untuk mengambil surat rekomendasi untuk maju dalam Pilgub Jabar berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum.

Sebelumnya, Emil mendatangi kediaman Oesman Sapto Odang, Ketua Hanura di Jalan Denpasar,Jakarta, pada pukul 11 00 WIB. Ia selanjutnya akan ke kantor DPP PPP, DPP Nasdem dan DPP PKB.

Kang Emil mengatakan, dirinya dan Uu Ruzhanul Ulum merupakan pasangan yang saling melengkapi.

“Kang Uu fokus pada program desa yang menjadi pengalamannya bersinergi dengan saya yang banyak di perkotaan. Kombinasi kota–desa yang real, karena dua- duanya kepala daerah. Bisa melengkapi untuk diyakini oleh pemilih,” ujarnya.

Menurut Kang Emil, sejauh ini relawannya sudah bekerja di daerah masing–masing untuk menggalang suara.

“Ini untuk memastikan supaya kita tidak kehilangan waktu,” katanya. (*)

Berita ini berdasarkan laporan Mauritz, kontributor Merahputih.com untuk wilayah Jawa Barat.



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH