Mau Panjang Umur? Latih Otot Kamu Memiliki otot kuat artinya memiliki harapan hidup lebih lama (Foto: Pexels/Pixabay)

TENTU saja berlatih ke pusat kebugaran memiliki ragam manfaat. Yang pertama sudah pasti tubuh kamu dapat bugar dengan melakukan latihan angkat beban maupun kardio. Namun, untuk latihan angkat beban sendiri dapat meningkatkan massa otot kamu.

Rupanya selain tubuh kamu jadi berotot, latihan beban dapat meningkatkan harapan hidup kamu lebih lama lagi. Sebuah penelitan terbaru mengungkapkan bagi kamu yang memiliki tubuh berotot dapat hidup panjang umur. Demikian diberitakan laman Independent.

Penelitian yang dilakukan Universitas Michigan mengatakan memiliki otot kuat membuat kamu dapat hidup lama. Hal ini dikuatkan dengan penelitian yang dilakukan terhadap orang dengan kekuatan otot lebih rendah. Hasilnya, 50% dari mereka dapat meninggal lebih dini. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam Journal of Gerontology: Medical Sciences.

Genggaman kuat berawal dari rutin berlatih angkat beban (Foto: Pexels/Victor Freitas)

"Mempertahankan kekuatan otot sepanjang hidup, dan terutama di kemudian hari, berpengaruh terhadap umur panjang dan penuaan secara mandiri," kata pemimpin peneliti Kate Duchowny. Artinya, menurut Duchowny melatih angkat beban bukan sekadar memiliki tubuh ideal, namun bermanfaat terhadap kualitas hidup.

Bersama dengan rekan-rekannya, Duchowny menganalisis data dari 8.326 pria dan wanita di Amerika serikat dengan usia di atas 65 tahun yang dipilih untuk mewakili populasi nasional secara keseluruhan. Hasilnya ternyata para koresponden memiliki kekuatan genggaman yang kuat. Artinya di masa muda mereka kerap melakukan latihan angkat beban.

Kekuatan genggaman tangan menjadi kunci harapan hidup (Foto: Pexels/Juan Pablo Arenas)

Namun, 46% dari koresponden terbukti tidak pernah melakukan latihan angkat beban. Mereka lebih lemah karena tidak memiliki kekuatan otot. Pun harapan hidup mereka lebih rendah. "Kami percaya titik potong kami lebih akurat mencerminkan tren populasi yang berubah dari orang Amerika yang lebih tua dan bahwa kelemahan otot adalah masalah kesehatan masyarakat yang serius," kata Duchowny.

Dengan demikian, kekuatan genggaman tangan yang kuat dapat menjadi kunci untuk memiliki hidup berkualitas di kemudian hari. Karenanya sangat penting untuk melatih genggaman tangan dengan sering melakukan latihan angkat beban di pusat kebugaran maupun di rumah sejak dini.

Lebih jauh lagi, penelitian ini tidak hanya menyarankan bagi orang di usia muda untuk melatih genggaman tangan. Bagi mereka yang sudah paruh baya tidak ada salahnya untuk melatih genggaman tangan dengan latihan lebih ringan. (ikh)

Baca juga:

Supaya enggak Cedera Betis, Ikuti Cara Ini

Cara Atasi Kram Kaki saat Berolahraga

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH