Berolahraga Saat Puasa, Apakah Baik? Boleh saja berolahraga selama bulan puasa. (Foto: Pixabay/skeeze)

MUNGKINKAH berolahraga saat berpuasa? Ini adalah pertanyaan umum yang sering didengar. Orang-orang berpikir bahwa makanan memberi mereka energi dan karenanya akan sulit untuk berpuasa dan berolahraga pada saat yang sama. Beberapa orang dengan pekerjaan yang menuntut fisik merasa bahwa mereka tidak dapat berpuasa dan bekerja dengan baik. Jadi?

Menurut laman idmprogram, ketika kamu makan, insulin naik memberitahu tubuh kamu untuk segera menggunakan sebagian energi makanan itu. Sisanya disimpan sebagai gula, glikogen di hati. Setelah simpanan glikogen penuh, maka hati memproduksi lemak.

olahraga
Takada larangan berolahraga selama berpuasa. (Foto: Pexels/Micah Boerma)

Baca juga:

Daftar Makanan Sehat dan Tak Sehat Dikonsumsi di Bulan Puasa

Tips Atasi Dehidrasi Saat Menjalani Puasa

Protein diet dipecah menjadi asam amino komponen. Kemudian beberapa digunakan untuk memperbaiki protein. Tetapi kelebihan asam amino diubah menjadi glukosa. Lemak diet diserap langsung oleh usus. Itu tidak mengalami transformasi lebih lanjut dan disimpan sebagai lemak.

Tindakan utama insulin adalah menghambat lipolisis. Ini berarti menghambat pembakaran lemak. Banjir glukosa yang masuk dari makanan dikirim ke seluruh tubuh untuk digunakan sebagai energi.

Dengan mengikuti diet karbohidrat yang sangat rendah, atau diet ketogenik, kamu dapat melatih tubuh kamu untuk membakar lemak. Demikian pula dengan berolahraga dalam keadaan puasa, kamu bisa melatih otot kamu untuk membakar lemak. Sekarang, alih-alih mengandalkan glikogen yang terbatas tetapi mudah diakses, kamu mendapatkan tenaga yang diambil langsung dari simpanan lemak kamu.

olahraga
Tubuh akan membakar lebih banyak gula. (Foto: Pexels/Dom J)

Jika kamu berolahraga saat puasa, tubuh akan mulai dengan membakar gula. Glikogen adalah molekul yang terdiri dari banyak gula yang disatukan. Ketika tiba saatnya menggunakannya untuk energi, hati mulai memutuskan semua rantai untuk melepaskan molekul gula individu yang sekarang dapat digunakan untuk energi.

Jadi, apa saran terbaik tentang aktivitas fisik dan puasa? Jangan khawatir tentang itu! Lakukan semua yang biasa kamu lakukan. Otot kamu mungkin membutuhkan waktu hingga 2 minggu untuk beradaptasi dengan lemak. Selama 2 minggu pertama puasa, mungkin tidak mudah tetapi kamu akan cepat pulih setelah itu. (gsh)

Baca artikel yang lainnya:

Fakta Mengenai Puasa di Bulan Ramadan dan Diet 16:8 Menurut Ahli Gizi

Manfaat dan Hikmah Puasa di Bulan Ramadhan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH