Bernostalgia dengan Ponsel Jadul yang Menolak Punah Ponsel jadul menolak punah (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

MASIH ingatkah kalian dengan ponsel jadul yang berjaya di era 90an hingga tahun 2000an? Dari segi teknologi dan fitur memang terlampau cukup jauh dengan ponsel zaman sekarang.

Namun ketahuilah pada masanya ponsel jadul seperti Nokia 3310, 3610, 6600, 7610, N-Gage, Sony Ericson T28, T210, Sony Ericson Seri Walkman, Motorola StarTAC, atau Motorola RAZR V3 sangat hits dan keren kala itu.

Apalagi pada beberapa yang sudah dibekali kamera (meski berkekuatan VGA), fitur mp3 dan internet, para penggunanya tentu akan terlihat kece abis. Karena waktu itu, ponsel yang sudah dibekali fitur serta teknologi yang lumayan harganya pun cukup mahal. Bisa disebut ponsel high-end pada masanya.

Barisan Hp Jadul yang sangat keren pada masanya (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Seiring berjalannya waktu dan terpaan teknologi sistem operasi seperti android dan ios. Perlahan ponsel jadul pun mulai menghilang dari pasaran. Bahkan saat ini sangat-sangat jarang terlihat orang yang masih menggunakan ponselponsel yang berjaya di era 90an hingga awal tahun 2000an.

Namun meski popularitas dan pasarnya telah tergilas oleh Android dan IOS. Bukan berarti ponsel jadul punah. Pasalnya di Indonesia sendiri masih cukup banyak pecinta ponsel jadul. Seperti mereka yang tergabung di komunitas Hape Jadul Jakarta (HaJaKa) yang saat ini memiliki anggota sekitar 5.000 orang.

Komunitas HaJaKa, wadah pecinta Hp Jadul di Jakarta dan sekitarnya (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

"Kesulitan ya dari sparepart sih, jadi paling 3 hp kita jadiin satu hp, sistemnya kita kanibalan. lebih sulitnya sih reparasinya. kadang kita dapat hp dalam kondisi mati, terus kita tinggal nyari LCD. itu sulit juga yah" ucap Masato, Ketua Komunitas HaJaKA saat ditemui merahputih.com beberapa waktu lalu di kawasan Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Masato, alasan para peminat ponsel jadul ada dua kemungkinan. Yang pertama yaitu rasa ingin tahu dan yang kedua memang hobi mengoleksi ponsel jadul.

Beberapa hp jadul dari berbagai merk (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Lantas apakah masih ada yang menggunakannya untuk harian? Masato pun menjawab masih ada, namun sangat jarang. Jikalau ada, itu hanya beberapa tipe ponsel yang tahan banting dan tahan air saja.

Bicara soal harga ponsel jadul, cukup variatif. Ponsel-ponsel itu dijual dari mulai harga Rp300.000 hingga Rp5.000.000. Tergantung dari kondisi fisik serta kelangkaan ponsel.

"Intinya harganya sih kalau semakin langka ya semakin mahal. HP jadul buat investasi juga, semakin lama, sparepartnya makin susah yah makin mahal harganya," tutur Masato.

Hp jadul juga bisa menjadi investasi (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Di komunitas ini pun selain hobi mengoleksi handphone jadul. Ada juga ponsel yang dijual untuk umum loh guys. Bahkan peminatnya juga cukup fantastis, dalam hitungan satu bulan, hampir setiap hari laku satu buah unit, atau sekitar 30 ponsel bisa terjual dalam kurun waktu 1 bulan.

Nah bagaimana guys, apakah kamu berminat meminang salah satu dari ponsel jadul masa lalumu? hehehe. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Yuk, Intip 5 Spot Instagramable di The 90’s Festival

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH