Berniat Makamkan Orang Meninggal, Penggali Kubur di Boyolali Temukan Arca Arca bersejarah di temukan warga Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah saat menggali makam, Jumat (10/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sebuah arca bersejarah ditemukan di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Dusun Dukuh RT 24 /RW 02, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Arca dalam kondisi tanpa kepala tersebut ditemukan seorang penggali makam saat hendak memakamkan warga setempat yang meninggal dunia.

Baca Juga

5 Situs Peninggalan Megalitikum di Banten

Ketua RT 24 /RW 02, Tujino, mengungkapkan arca tersebut ditemukan penggali kubur pada Selasa (7/7) saat akan memakamkan warga. Arca ukuran sekitar 60x40 cm tersebut ditemukan terpendam di dalam tanah dengan kedalaman 1,5 meter.

"Ada orang kampung meninggal dunia. Penggali kubur ini membuat lubang makam. Tiba-tiba cangkul terbentur benda keras di kedalaman 1,5 meter," ujar Tujino pada MerahPutih.com, Jumat (10/7).

Arca bersejarah di temukan warga Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah saat menggali makam, Jumat (10/7). (MP/Ismail)
Arca bersejarah di temukan warga Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah saat menggali makam, Jumat (10/7). (MP/Ismail)

Setelah ditelusuri, lanjut dia, ditemukan arca setengah badan tanpa kepala. Setelah dicari lagi, kepala arca tidak ditemukan Arca tersebut sekarang dititipkan di rumahnya dan diletakan di taman halaman depan.

"Saya saat itu juga ikut mencari lokasi tanah makam yang masih kosong untuk digali. Sepertinya itu petunjuk. Dan benar saja lokasi yang saya pilih di dalamnya ditemukan arca," papar dia.

Ditemukannya arca tesebut, kata dia, menyebar ditelinga warga hingga akhirnya datang ramai-ramai di TPU untuk menonton arca tersebut. Saat proses penggalian makam, ia juga menemukan batu merah berukuran besar di lokasi temuan arca.

"Nama arca ini namanya apa dan dari abad keberapa saya kurang tahu. Demi keamanan arca ini saya simpan di rumah dan melaporkannya pada pemerintah kecamatan serta kepolisian," kata dia

Dikatakannya, wilayah Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali memang sering ditemukan benda-benda bersejarah. Dari keterangan orang tua dulu wilayah Pengging adalah bekas kerajaan.

Baca Juga

Desa Doda, Pesona Situs Megatlitikum Misterius di Tanah Tadulako

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali, Budi Prasetyaningsih, membenarkan adanya temuan arca tersebut dan sudah melakukan pengecekan kondisi arca.

"Saya sudah laporkan BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) dalam waktu dekat akan datang melakukan identifikasi arca," tutup Budi. (Ismail/Jawa Tengah)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH