Bernarkah Banyak Minum Air Putih Cegah Batu Ginjal? Berikut Penjelasannya Minum air putih meminimalisir terbentuknya batu ginjal. (Foto: Pixabay/silviarita)

MANUSIA harus banyak minum air putih. Tak hanya sekadar mendegah dehidrasi, air putih dinilai sangat bermanfaat untuk mencaga kesehatan tubuh. Minimal, para ahli menyarankan untuk minum dua liter dalam sehari.

Salah satu manfaatnya disebut-sebut mencegah batu ginjal, benarkah?

Boleh dibilang penyakit batu ginjal bisa dicegah dengan memperbaiki gaya hidup. Salah satu tindak pencegahan yang banyak disarankan adalah dengan banyak meminum air putih. Apakah saran ineni benar-benar terbukti secara medis? Berikut fakta-faktanya seperti dikutip Go Dok.

1. Batu ginjal menghambat aliran urin

Air putih bermanfaat menjaga kesehatan. (Foto: Pixabay/congerdesign)
Air putih bermanfaat menjaga kesehatan. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Batu ginjal terbentuk di dalam tubuh saat komponen-komponen kimia tertentu menjadi terkonsentrasi di dalam urin, dan menggumpal hinggga membentuk wujud kristal.

Gumpalan berwujud kristal inilah yang kemudian berkembang dalam massa yang lebih besar, membentuk batu ginjal. Sejatinya, jika perjalanannya lancar, batu ginjal bisa bergerak sendiri melewati saluran kencing hingga keluar dari dalam tubuh.

Namun, dalam perjalanannya melewati saluran kencing, batu ginjal bisa menyangkut di bagian tertentu dan menghambat aliran urin. Hal inilah yang kemudian menyebabkan rasa sakit yang amat sangat.

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH