K-Pop

Bermula dari Hobi, Intip Ide Bangun Bisnis Sendiri dari K-Pop

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Sabtu, 10 Juni 2023
Bermula dari Hobi, Intip Ide Bangun Bisnis Sendiri dari K-Pop
Menjadi seorang K-Popers tak berarti selalu mengeluarkan uang dan boros. (Foto: Pexels/Wendy Wei)

PENGGEMAR K-Pop sering kali mendapat cap boros, fanatik, dan hal-hal negatif lainnya dari masyarakat Tanah Air. Namun nyatanya, melakoni hidup sebagai fangirl atau fanboy bisa juga membuat seseorang meraih cuan, loh. Kalau sudah begini, siapa yang enggak bangga? Ibaratnya, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

Nah, salah satu cara untuk memperolehnya dengan meluaskan hobi K-Pop jadi bisnis sendiri. Ini disampaikan oleh Sarah Ayu, fangirl BTS sekaligus pemilik Bonoya.co. ARMY yang satu ini membagikan kisahnya melalui webinar "Creative Thinking: K-POP MAKES CUANderful" yang diadakan oleh merahputih.com, Sabtu (10/6).

"Awalnya tuh dari pengen bangga jadi K-Popers. Pengen nunjukin kalo kita tuh enggak alay. Akhirnya aku buatlah brand apparel... Tujuan aku itu aku pengen supaya K-Popers yang pakai itu bisa nunjukin kalau dia (bagian dari) K-Pop," ungkap Sarah tentang inspirasi awalnya membangun usaha di bidang fesyen.

Karena hal tersebut, Sarah akhirnya memutuskan untuk mulai menciptakan busana seperti kaos dan outer yang bisa dinikmati semua orang. Pakaian tersebut tentunya tetap memiliki aksen atau desain K-Pop di atasnya.

Namun, desain ini hanya dimengerti oleh sesama K-Popers saja. Sementara itu, di mata orang awam, busana tadi akan tetap terlihat keren tanpa terang-terangan menunjukkan bahwa pemakainya adalah seorang fangirl atau fanboy.

Baca juga:

Penggemar K-pop Bisa Cari Cuan Lewat Hobi

cuan k-pop
Ada berbagai macam bisnis yang bisa dilakukan kala terinspirasi dari K-Pop, misalnya di bidang fesyen, kecantikan, dan merchandise. (Foto: Pexels/Zhanzat Mamytova)

Ide ini sejalan dengan tren bisnis ala generasi Milenial yang sedang berkembang. Saat ini, bisnis fesyen dan kecantikan, pariwisata, dan mainan serta hobi menduduki posisi Top 3 sektor yang paling laku di kalangan masyarakat. Begitu kata Agnes Friska Cyntia, Chief Marketing Officer dari Visuels.id.

"Jadi, jika temen-temen ingin bermain di bisnis, (bidang) ini bisa jadi salah satu alternatif yang sebenernya bisa dilakuin," ucap Agnes yang turut hadir dalam webinar daring tersebut.

Puas berbagi kisah, dua perempuan ini pun akhirnya membeberkan sejumlah tips and trick bagi kamu yang ingin memulai usaha sendiri. Khususnya yang terinspirasi dari K-Pop.

Pertama adalah dengan punya ide bisnis dulu tentunya. Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, kamu mungkin bisa mulai berpikir atau berandai-andai lebih dulu, bisnis seperti apa yang ingin kamu jalani.

Entah itu kuliner seperti korean food, fesyen, produk kecantikan tentang makeup korean look, atau mungkin aksesoris seperti merchandise.

Baca juga:

Emang Bisa Cari Cuan Melalui Bisnis Dropship

cuan k-pop
Business plan penting untuk direncanakan sejak awal agar kamu bisa menjalani usaha dengan tertata. (Foto: Pexels/Fauxels)

Nah, langkah kedua, setelah punya ide, kamu bisa mulai melakukan riset pasar. Tujuannya supaya kamu bisa tahu, nih, apa saja yang sedang ramai diminati oleh masyarakat, khususnya K-Popers.

Riset bisa dilakukan dengan cara turun langsung ke lapangan atau dilakukan secara daring. Tentukan juga apa keunikan bisnismu nantinya bila dibandingkan dengan pesaing di bidang yang sama.

Ketiga adalah mulai merencanakan model bisnis dan perputaran modal. Pada tahap ini, kamu bisa mulai memikirkan bentuk bisnis serta cara memasarkannya.

Misalnya sebuah toko daring yang target pasarnya adalah gen Z. Jadi, mungkin promosi yang tepat adalah di media sosial seperti TikTok dan Instagram.

Nah, terlepas dari tiga poin tadi, Sarah dan Agnes sama-sama menekankan bahwa seseorang bakal bisa memulai bisnis sendiri jika memiliki tekad. Intinya, jalanin aja dulu.

Meskipun saat ini ilmu berbisnis masih sedikit, hal itu pelan-pelan bakal bisa dipelajari jika sudah memulai. Alah bisa karena biasa, begitu kata pepatah.

"Kunci memulai bisnis itu sebenernya adalah dari diri kita sendiri. Kita tuh harus pede, pede sama diri kita sendiri dan kemampuan kita," tegas Agnes kepada merahputih.com menjelang akhir webinar. (mcl)

Baca juga:

Enggak Melulu Cari Cuan, Lokaborasi Ajang Kolaborasi Mempersatukan Pelaku Kreatif

#K-Pop #Bisnis #Wirausaha
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan