Berlian Terbesar di Dunia Terjual US$53 Juta

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 26 September 2017
Berlian Terbesar di Dunia Terjual US$53 Juta
Ilustrasi. (Foto: pixabay)

BERLIAN kedua terbesar di dunia akhirnya terjual. . Seperti dikutip dari CNN Money,Setelah gagal terjual pada lelang di Sotheby's pada tahun lalu berlian 1.109 karat yang belum dipotong itu terjual seharga US$53 juta dalam sebuah penjualan privat di Graff Diamonds.

Sang penjual, Lucara (LUCRF) asal Kanada, menemukan berlian besar itu dari tambang Karowe di Botswana hampir dua tahun lalu. Mereka lalu menamakan berlian itu Lesedi La Rona, yang berarti 'cahaya kami' dalam bahasa Botswana.

Awalnya, Lucara mengharapkan setidaknya mendapatkan US$70 juta dari penjualan berlian itu. Bahkan, Lucara menyebut berlian itu sebagai yang terbesar yang ditemukan selama lebih dari seabad.

CEO Lucara William Lamb mengatakan jumlah yang dibayarkan Graff mengungguli penawar tertinggi pada lelang Sotheby's tahun lalu. Namun, jumlah itu kalah ketimbang pendapatan yang diperoleh Lucara dari penjualan The Constellation, berlian utuh seberat 813 karat.

Graff Diamonds yang berbasis di Inggris memiliki sejarah panjang dalam membeli batu berharga dalam kesepakatan bernilai jutaan dolar. Pada 2006, Graff membeli Lesotho Promise (berlian utuh 603 karat) seharga US$12,4 juta dalam sebuah lelang di Belgia.

"Batu itu akan bercerita, memberi tahu kita potongan seperti apa yang dimauinya," ujar Laurence Graff, yang mendirikan Graff Diamonds pada 1960.

Satu-satunya berlian yang lebih besar sebelumnya ditemukan ialah Cullinan Diamond seberat 3.106 karat. Batu berharga itu ditemukan di Afrika Selatan pada 1905. The Cullinan kini sudah dipotong menjadi berlian yang lebih kecil. Salah satu potongan berlian itu menjadi bagian dari perhiasan mahkota Kerjaan Inggris.(*)

Baca juga Cucilah Handuk Dua Hari Sekali

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan