Berlian Langka Dilelang, Harganya Diperkirakan Pecahkan Rekor Berlian Blue Moon dihargai sebesar Rp659 miliar. (Youtube)

MerahPutih.Com - Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar kata berlian? Ya, tentu saja harganya yang mahal dan sulitnya mendapatkan berlian. Jika anda penggemar berlian, jangan lewatkan ajang pelelangan berlian di Sotheby’s London bulan ini.

Istimewanya, berlian yang akan dilelang tersebut bukan berlian biasa. Beratnya lebih dari 102 karat. Harga per karatnya pada tahun 2013 saja sudah mencapai 260 ribu dolar AS. Bayangkan saja berapa harga per karat saat ini.

Sebagaimana dilansir Antara dari Reuters, Jumat (9/2) berlian tanpa cela seukuran buah stroberi besar itu diperkirakan akan mencapai rekor harga termahal. Saat dilelang nanti, kemungkinan besar harga berlian berbentuk putih bulat itu akan pecahkan rekor dunia.

Dengan berat lebih dari 102 karat, batu putih bulat dan cemerlang tersebut lebih kecil dari berlian oval 118 karat yang dijual di Hongkong pada 2013, yang saat ini memegang rekor harga tertinggi per karat.

Namun Sotheby's, yang juga menangani penjualan di Hongkong, memperkirakan kelangkaan batu yang lebih kecil dan kualitas tinggi akan membuat harganya menjadi lebih tinggi lagi.

"Itu (batu yang dijual di Hongkong) terjual seharga 260 ribu dolar Amerika Serikat per karat, yang saat ini merupakan rekor dunia untuk berlian tanpa warna. Yang satu ini menjadi potongan bulat yang cemerlang - harga yang diminta akan jauh lebih tinggi," ujar Patti Wong, ketua Sotheby's Diamonds.

Berlian tersebut adalah satu-satunya batuan di atas 100 karat yang telah diberi nilai tertinggi dalam setiap kriteria oleh Institut Gemologi Amerika, yang menilai kualitas batu mulia, demikian Sotheby's.

Sotheby's belum mengungkapkan harga yang diminta untuk batu tersebut, yang akan dijual dalam penjualan tertutup.(*)


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH