Berlagak Hollywood, Apa Saja Syarat Film Bisa Masuk Penghargaan Oscar? Persyaratan sebuah film untuk bisa lolos ke ajang Oscar (Foto: Pixabay/analogicus)

TENGAH ramai dibicarakan. Berangkat dari sosok sutradara yang disebut-sebut filmnya masuk nominasi Oscar kategori Best Picture. Berita ini kemudian viral dan menjadi kontroversi. Terlebih ketika ditelusuri, ternyata karyanya hanya sempat didaftarkan saja belum sampai menyabet status tersebut.

Kemudian muncul banyak pertanyaan di tengah masyarakat. Sebenarnya apa sih syarat sebuah film untuk bisa meraih penghargaan Oscar? Dilansir dari laman liveabout.com, Penghargaan tersebut memang menjadi cita-cita hampir semua produser film atau pun sutradara.

Baca juga:

Inilah Kelebihan Film-film yang Masuk Nominasi Best Pictures Oscar 2019

Penghargaan bergengsi itu memiliki penilaian yang ketat terhadap film. Semuanya harus melalui seleksi berat. Berikut ini merupakan syarat-syarat sebuah film bisa lolos seleksi, memiliki kesempatan untuk bisa masuk nominasi, dan memenangkan penghargaan Oscar.

1. Durasi Lebih Dari 40 Menit

Berlagak Hollywood, Apa Saja Syarat Film Bisa Masuk Penghargaan Oscar?
Durasi film tidak boleh terlalu pendek (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Film harus berdurasi lebih dari 40 menit. Aturan tersebut diberlakukan agar penilaian bisa lebih objektif dan beragam. Jika film terlalu pendek akan sulit untuk menilai secara keseluruhan.

Bisa saja maknanya juga tidak sampai. Satu-satunya film dengan durasi terpendek yang berhasil meraih penghargaan Oscar yakni 90 menit.

2. Lolos Bioskop di Los Angeles

Berlagak Hollywood, Apa Saja Syarat Film Bisa Masuk Penghargaan Oscar?
Diputar di bioskop Los Angeles selama satu minggu (Foto: Pixabay/igorovsyannykov)

Selain kualitas film dan durasi, ternyata film tersebut juga harus berhasil diputar di bioskop Los Angeles selama kurang lebih satu minggu.

Syarat ini sudah cukup lama diberlakukan. Tetapi bukan hanya sekadar asal diputar selama seminggu saja ya. Jarak satu minggu tersebut harus masuk di tanggal kompetisi yang sudah ditentukan.

Baca juga:

10 Film Bagus yang Gagal Menang Penghargaan Best Picture Oscar Sejak 2009

3. Voting

Berlagak Hollywood, Apa Saja Syarat Film Bisa Masuk Penghargaan Oscar?
Voting terbanyak juga menentukan pemenang (Foto: Pixabay/Kaz)

Menilai sebuah film bukan hanya melalui para komite Oscar. Seluruh anggota bisa menyalurkan suaranya melalui voting yang diadakan The Academy Awards.

Selain voting film, para anggota komite juga bisa memilih kategori pemain terbaik, sutradara terbaik, sinematografi terbaik, dan berbagai nominasi lainnya.

4. Format Film

Berlagak Hollywood, Apa Saja Syarat Film Bisa Masuk Penghargaan Oscar?
Format film dan audio juga sangat diperhatikan (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Format film pun dinilai oleh para juri. Dalam proses produksi harus menggunakan film 35mm atau 70mm. digital format frame berkisar antara 24 atau 49 dan memiliki resolusi proyektor maksimal 1080 pixel. Format audio yang memenuhi kualifikasi yaitu ST 428-2:2006 D-Cinema Distribution Master. (mar)

Baca juga:

8 Momen Tak Terlupakan dalam Sejarah Penghargaan Oscar



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH