Berkendara di Luar Negeri saat Liburan? Jangan Lupa Siapkan SIM Internasional Membuat SIM Internasional Ternyata Mudah Lho! (Foto: Pixabay/Zeebiz)

LIBURAN sudah seharusnya menjadi saat yang menyenangkan. Tetapi jika kamu liburan ke luar negeri ada hal yang mungkin menjadi kendala buat kamu, contohnya ketika kamu membutuhkan kendaraan pribadi untuk berjalan kemana-mana. Walaupun du beberapa negara tersedia layanan untuk menyewa kendaraan plus supir, namun jika kamu ingin membawa sendiri kedaraan itu akan jadi hal yang akan menyusahkanmu.

Di beberapa negara, kamu gunakan surat ijin mengemudi (SIM) domestik seperti beberapa negara ASEAN dan beberapa tempat di Eropa, walaupun kamu harus mengurusi laporan untuk pemindahan bahasa terlebih dahulu. Tetapi jika kamu ingin berjaga-jaga dari petugas lalu-lintas, nampaknya kamu harus membuat SIM internasional. Melansir berbagai sumber, berikut cara untuk membuat SIM internasional untuk kamu warga Indonesia yang ingin berkendara di luar negeri. Ternyata mudah lho!

1. Persiapan Membuat SIM Internasional

Berkendara di Luar Negeri saat Liburan? Jangan Lupa Siapkan SIM Internasional
Jangan Lupa Siapkan Keperluan Sebelum Mendaftar (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Ada hal yang harus kamu persiapkan sebelum kamu berjalan ke Satpas Polda disekitar rumah kamu. Itu termasuk KTP Asli dan satu rangkap fotokopi, SIM domestik yang masih berlaku dan satu rangkap fotokopi, paspor asli yang masih berlaku dan satu rangkap fotokopi, pas foto dengan wajah terbaru berukuran 4x6 latar belakang foto biru sebanyak empat lembar berbusana formal berdasi, dan juga satu lembar materai Rp6 ribu.

Baca juga:

Cara Perpanjang SIM dan Biaya Resminya

Jangan lupa untuk menyiapkan biaya pembuatan SIM internasional sebesar Rp250 ribu, jika kamu sudah pernah punya SIM internasional sebelumnya dan ingin memperpanjang SIM internasional kamu, biaya yang akan kamu keluarkan sedikit lebih murah yakni Rp225 ribu.

2. Tata Cara Membuat SIM Internasional

Berkendara di Luar Negeri saat Liburan? Jangan Lupa Siapkan SIM Internasional
Jangan Sampai Telat Datang Ya (Foto: Terbit)

Setelah kamu menyiapkan semua yang telah kamu butuhkan untuk membuat SIM, kamu bisa langsung pergi ke Satpas Polda disekitar tempat kamu dan memberi pengajuan untuk pembuatan SIM internasional.

Biasanya, seperti Satpas Polda di Jakarta jadwal mereka untuk mengurusi hal umum adalah setiap hari kerja, dari jam 08.30 hingga jam 15.00, Jadi jangan sampai kamu telat ya!

Setelah kamu terpanggil setelah mengambil tiket antrian, kamu bisa menyerahkan dokumen yang sudah kamu siapkan ke loket. Jangan lupa untuk mengisi identitas diri dan juga mencentang golongan SIM internasional yang dibutuhkan.

Baca juga:

Catat! Ini 5 Lokasi Pelayanan SIM Keliling di DKI Jakarta

Setelah itu kamu hanya perlu tanda tangan, foto, dan sidik jari agar mereka bisa meregistrasi dirimu ke database Polri. Jadi kamu tidak bisa meminta orang lain untuk pengajuan SIM internasional ini, atau bisa dibilang diwakilkan.

Setelah itu kamu tinggal membayar biaya pendaftaran untuk SIM internasional, setelah kamu membayar nominal yang ada disana. Bukti pembayaran bisa kamu serahkan ke loket dan pastikan data kamu tepat dengan SIM internasional yang ingin kamu buat. Proses dari awal kamu mendaftar hingga selesai pembuatan hanya memakan waktu hingga 15 menit. Cepat kan?

3. Jangan Lupa Untuk Memilih Kategori SIM Internasional

Berkendara di Luar Negeri saat Liburan? Jangan Lupa Siapkan SIM Internasional
Jangan Lupa Cek Golongan SIM Internasional Kamu (Foto: Ransel Kecil)

Untuk kategori SIM internasional ini, hampir sama seperti SIM domestik. Golongan ini adalah pengkategorian kendaraan yang akan kamu kendarai, seperti golongan A untuk sepeda motor, golongan B untuk kendaraan roda empat, dan golongan C untuk kendaraan seperti truk sedang. dan juga SIM internasional ini berlaku hingga tiga tahun dan terhitung sejak tanggal pembuatan. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH