Berkat YouTube, Gitaris Indonesia Ini Berhasil Menarik Perhatian Dunia Gitaris jadi terkenal di dunia berkat YouTube (Foto: Pixabay/Pexels)

MEMAINKAN alat musik memang bukan lagi menjadi sesuatu hal yang unik. Hampir sebagian besar orang mampu bermain alat musik. Namun, untuk menjadi mahir dalam bermain musik membutuhkan latihan konsisten dalam mempelajari teknik-teknik yang tidak bisa dimainkan oleh banyak orang pada umumnya.

Salah satu gitaris asal Indonesia yang memanfaatkan media YouTube dalam bermusik, Alif Gustakhiyat, belakangan tengah menjadi sorotan banyak orang. Gitaris yang akrab dengan nama Alip Ba Ta menjadi sorotan sejumlah gitaris dunia.

Baca juga:

Calon Youtuber, Ketahui 5 Level Youtube Play Button Lebih Dulu

Alip Ba ta bukanlah orang besar atau terkenal, melainkan hanya seorang YouTuber. Bahkan dalam video-video unggahannya, ia tak pernah mengajak penonton untuk memberikan like, komen dan subscribe layaknya YouTuber pada umumnya. Tapi, kemampuan bermain Fingerstyle Alip sudah cukup berbicara siapa dia sebenarnya dan dimana kelasnya.

Gitaris sederhana ini sebenarnya belum cukup lama terjun ke dunia Youtube lho, ia baru membuat channel bernama Alip_Ba_Ta pada 27 Januari 2018. Fantastisnya belum genap setahun subscriber untuk akun yang dibuatnya tersebut mencapai 1,3 juta pelanggan.

Salah satu lagu yang ia cover dan mendapat sorotan paling besar adalah lagu berjudul Dear God dari band rock Avenged Sevenfold. Selain viral dalam bermain musik, ini dia beberapa alasan kenapa Alip memukau dan banyak menarik perhatian orang.

Kisah Hidupnya

Berkat YouTube, Gitaris Indonesia Ini Berhasil Menarik Perhatian Dunia
Alip mantan operator alat berat (Foto: TJ)

Melansir berbagai sumber, Alip dulunya adalah supir truk dan kemudian menjadi operator forklift. bahkan 'studio' tempat ia merekam kegiatan bermusiknya (yang kemudian diunggah ke YouTube) adalah rumah kontrakannya, terkesan sangat sederhana tanpa alat rekaman canggih dan pencahayaan keren.

Musisi Addie MS mengaku begitu tertarik dengan kemampuan pemilik kanal YouTube Alip_Ba_Ta, pasalnya ia memainkan gitar dengan teknik yang langka dan tidak umum, ujar salah satu maestro musik Indonesia tersebut.

Baca juga:

Benarkah Masa Kejayaan Para 'YouTuber' Telah Berlalu?

Teknik Permainan

Berkat YouTube, Gitaris Indonesia Ini Berhasil Menarik Perhatian Dunia
Fingerstyle jadi teknik andalan alip (Foto: YouTube)

Permainan Alip berhasil memukaukan banyak sekali orang dan menjadikannya referensi untuk gitaris-gitaris lain untuk mengikuti gaya permainannya. Teknik permainan yang digunakan oleh Alip dinilai sebagai teknik yang sulit dan perlu waktu yang cukup lama untuk bisa menguasai tekhnik tersebut.

Beberapa YouTuber gitaris terkenal lainnya, seperti Alexandr Misko, Uncle Igor, Synystergates mengakui keunikan dan kehabatan Alip dalam memainkan lantunan nada gitarnya tersebut.

Meski keahliannya sudah diakui banyak orang, Alip tetap merendahkan diri dan mengatakan bahwa keahliannya itu merupakan karunia dari tuhan, bukan dirinya yang hebat. Beberapa teknik yang sering digunakan alip adalah teknik bending, harmonic, slap, dan masih banyak lagi. Enggak percaya? Lihat nih permainan khas Alip! (Nic)

Baca juga:

5 'YouTuber' Terkaya Dunia, Jangan Kaget Saat Tahu Pendapatan Mereka



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH