Kpop
Berkat RUU Baru, BTS Dapat Tunda Wajib Militer Melihat kesuksesan BTS, Parlemen Korea Selatan sahkan RUU baru untuk menunda waktu wajib militer. (Foto: Big Hit Entertainment)

WAJIB militer selalu jadi topik sensitif untuk para penggemar K-Pop. Membayangkan dua tahun tanpa melihat idola kesayangan menjadi mimpi buruk semua fan. Namun ARMY boleh sedikit bernapas lega karena BTS akan masih bersamamu selama beberapa waktu mendatang.

Parlemen Korea Selatan baru saja mengesahkan RUU baru. RUU ini mengizinkan artis K-Pop yang diakui secara global untuk menunda wajib militernya hingga usia 30 tahun (umur internasional). BTS termasuk di dalamnya.

Baca Juga:

Minggu ini, BTS Rajai Tangga Lagu Billboards

bts
Dengan adanya RUU baru, wajib militer BTS ditunda sampai umur 30 tahun. (Foto: Big Hit Entertainment)

Pada 1 Desember 2020, Majelis Nasional Korea Selatan mengesahkan undang-undang yang memberikan kesempatan kepada artis berprestasi untuk menunda pendaftaran wajib militer. Demikian laporan laman 'Soompi'. Syaratnya, artis tersebut harus membuat pencapaian signifikan untuk meningkatkan citra bangsa. Dari 268 anggota, 253 suara mendukung RUU tersebut. Sementara dua suara menentangnya dan 13 lainnya abstain.

Meskipun hanya penundaan, RUU yang dijuluki sebagai Amandemen Dinas Militer BTS ini jelas jadi kabar membahagiakan untuk ARMY. Apalagi RUU tersebut disahkan hanya berselang tiga hari sebelum anggota tertua BTS, Jin merayakan ulang tahunnya yang ke 28 pada 4 Desember mendatang.

Jika berkaca pada peraturan lama, Jin seharusnya sudah pergi wamil karena batas umur maksimum dinas adalah 28 tahun. Namun pada bulan Oktober lalu, Administrasi Tenaga Kerja Militer mengizinkan penangguhan setahun untuk Jin. Walau begitu, mereka tidak akan membebaskan grup idola seperti BTS dari tugas wajib militernya.

Baca Juga:

ENHYPEN Resmi Debut lewat Lagu 'Given-Taken'

bts
RUU ini disahkan hanya berselang beberapa hari sebelum Jin, anggota tertua BTS mencapai batas umur maksimal untuk wajib militer (Foto: Instagram@esquire)

Sampai sekarang belum ada bintang K-Pop yang menerima pengecualian. Akan tetapi dengan RUU baru ini, BTS dan artis lain yang direkomendasikan oleh menteri budaya dapat menunda layanan mereka dua tahun lebih lama dibandingkan orang biasa. Buat BTS, ini sepertinya sebuah langkah yang tepat apalagi ketika mereka sedang mencetak sejarah baru di industri musik dunia.

Tentu tidak mengherankan jika pemerintah Korea Selatan berusaha keras mempertahankan BTS untuk tetap berkarya di industri musik. Pasalnya ketujuh anggota sudah berhasil meningkatkan status budaya Korea Selatan di kancah internasional.

Tak lupa BTS juga berjasa meningkatkan ekonomi Negeri Ginseng itu. Laman Forbes menuliskan bahwa dari semua statistik mengejutkan, sensasi K-Pop yang dibawa BTS jadi hal paling menarik. Berdasarkan data dari tahun 2019, grup asuhan Big Hit Entertainment itu menghasilkan produk domestik bruto untuk Korea Selatan sebesar US$4,65 miliar atau setara dengan Rp65,8 triliun. Ini langsung menempatkan BTS di liga ekonomi yang sama dengan perusahaan konglomerat top sekelas Samsung.

Baca Juga:

Perjalanan Terjal Girls' Generation Sebelum Raih Popularitas

bts
BTS mendapatkan penangguhan karena berhasil mendapatkan pencapaian signifikan dan meningkatkan citra negara. (Foto: Big Hit Entertainment)

Hal tersebut juga didukung dengan beberapa pencapaian terbaru yang diraih BTS. Mulai dari lagu Dynamite dan Life Goes On yang duduk di posisi pertama Billboard Hot 100. Lagu itu juga menjadi nomini dalam kategori Pop Duo/Group Performance Grammy Awards. Kemudian lima album berturut-turut di posisi puncak Billboard Hot 200, hingga berbagai penghargaan lainnya. Semuanya itu menjadikan BTS sebagai grup Korea Selatan pertama dalam sejarah yang berhasil mendapatkannya.

Belum ada respon lebih lanjut dari pihak agensi terkait RUU baru ini. Namun beberapa waktu lalu saat konferensi pers untuk album terbaru, Jin angkat bicara mengenai hal ini. "Menyelesaikan dinas militer adalah tugas saya sebagai orang Korea. Saya akan mengikuti pemerintah saya. Bukan hanya saya, kami semua (BTS) akan menanggapi tugas militer kami," jelasnya.

Jadi kita hanya tinggal menunggu apakah ARMY akan menangis hampa ditinggal BTS dalam waktu dekat atau beberapa tahun lagi. (Sam)

Baca Juga:

Selesai Wajib Militer, Drama Korea Ini Jadi Momen Kembalinya Para Aktor

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Laris Manis, Boneka Pokemon Lucu 'Psyduck' Ludes dalam Hitungan Hari
Fun
Laris Manis, Boneka Pokemon Lucu 'Psyduck' Ludes dalam Hitungan Hari

Pokemon Center Rilis Boneka Psyduck Berskala 1:1, ludes dalam dua hari.

Jadi Budi Daya Lebih dari 5000 Tahun Lalu, Ini 3 Fakta Menarik Tentang Kurma
Fun
Jadi Budi Daya Lebih dari 5000 Tahun Lalu, Ini 3 Fakta Menarik Tentang Kurma

Selain kaya nutrisi, kurma jadi bagian dari warisan budaya yang panjang.

Gal Gadot dan Belasan Selebritas Hollywood ‘Cover’ Lagu 'Imagine' dari John Lennon
ShowBiz
Gal Gadot dan Belasan Selebritas Hollywood ‘Cover’ Lagu 'Imagine' dari John Lennon

Video ini pertama kali diunggah oleh Gal Gadot melakui akun Instagramnya pada 18 Maret waktu setempat.

Agate Luncurkan Gim Konsol Berbahasa Sunda
ShowBiz
Agate Luncurkan Gim Konsol Berbahasa Sunda

Gim bergenre role-playing game (RPG) ini merupakan sebuah gim di mana para pemainnya akan memerankan karakter dalam latar fiksi.

4 Tips Menaklukkan Hati Laki-Laki Pendiam, Bisa Dicoba Nih Ladies!
Fun
4 Tips Menaklukkan Hati Laki-Laki Pendiam, Bisa Dicoba Nih Ladies!

Mendekati laki-laki pendiam ternyata ada triknya lho ladies.

Kendrick Lamar Bakal Segera Comeback di 2020?
ShowBiz
Kendrick Lamar Bakal Segera Comeback di 2020?

Kabar ini datang dari CEO label rekaman yang menaungi Kendrick Lamar Top Dawg Entertainment (TDE).

Menuai Berbagai Manfaat dari Bercocok Tanam
Fun
Menuai Berbagai Manfaat dari Bercocok Tanam

Bercocok tanam pasti akan membuatnya menjadi orang lebih sabar, bertanggung jawab, dan dapat merawat diri dengan baik.

ENHYPEN, Grup Idola Terbaru Junior BTS
ShowBiz