Berkat Rekomendasi Nakes dan Pegawai RSUD Soreang, Dayat Dapat Hadiah Rumah

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 18 Juli 2021
Berkat Rekomendasi Nakes dan Pegawai RSUD Soreang, Dayat Dapat Hadiah Rumah
Dayat Hidayat, Pahlawan COVID-19. (Foto: MP/Humas Jabar)

MerahPutih.com - Dayat Hidayat (47) tak akan melupakan jasa para tenaga kesehatan (nakes) di tempatnya bekerja sebagai petugas kebersihan, RSUD Soreang. Mereka merekomendasikan Dayat menjadi Pahlawan COVID-19 dan mendapat hadiah rumah dari Jabar Bergerak.

“Perasaan saya sangat senang dan bahagia. Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Atalia (Ketua Jabar Bergerak) yang telah menginisiasi kegiatan ini. Juga para dokter dan perawat,” ujar Dayat, penuh haru, Jumat, (16/7).

Dayat tidak tahu rekan-rekan kerjanya di RSUD Soreang membuat skenario berujung hadiah rumah dari Jabar Bergerak, organisasi non–APBD yang bergerak di bidang kemanusiaan.

Baca Juga:

Delapan Nakes Meninggal dalam Sepekan, Wagub DKI: Karena di Garda Terdepan

Memiliki rumah sendiri adalah impian Dayat selama ini. Atas dedikasinya, Dayat mendapat rumah tipe 36 di Bukit Esma, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Luas tanahnya hanya 66 meter persegi, tapi itu sudah lebih dari cukup untuk membahagiakan istri dan tiga anaknya. Kini, ia tidak perlu khawatir diusir dari rumah kontrakan karena tak sanggup bayar uang sewa.

Di usianya yang sudah tidak lagi muda lagi, Dayat Hidayat harus berjuang dengan pekerjaan kasar. Setiap hari ia membersihkan area sekitar instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Soreang.

Tapi, apa yang dilakukannya sehingga Dayat diganjar hadiah rumah?

Selain sebagai petugas kebersihan, Dayat secara sukarela membantu keluarga pasien COVID-19 yang terus berdatangan ke IGD. Dayat siaga menyemprotkan disinfektan, mengantar pasien ke ruang isolasi, hingga mengurus jenazah pasien COVID-19.

Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Praratya Ridwan Kamil. (Foto: Pemprov Jabar)
Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Praratya Ridwan Kamil. (Foto: Pemprov Jabar)

Dayat tahu betul risikonya adalah tertular COVID-19 dan menempatkan anak istri dalam bahaya. Namun, Dayat tetap melakukannya dengan tulus dan semangat. Atas inisiatifnya ini, Jabar Bergerak menobatkannya sebagai Pahlawan COVID-19.

Dayat merupakan satu di antara 884 peserta program Romantis (Roemah Nyaman Gratis) yang digagas Jabar Bergerak.

Dayat Hidayat direkomendasikan 30 karyawan RSUD Soreang yang melihat langsung pengabdiannya di lapangan.

Panitia kemudian melakukan survei ke lokasi kerja Dayat, wawancara si pemberi referensi, serta datang langsung ke kediaman Dayat. Tim sengaja tak memberi tahu Dayat sedang disurvei sebagai calon Pahlawan COVID-19.

Kini, Dayat akan secepatnya pindah dari rumah kontrakan dengan memboyong istri dan anak- anaknya.

Baca Juga:

Operasikan RS Darurat Asrama Haji Donohudan, Pemkot Solo Tunggu Alkes dan Nakes

Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, hadiah rumah bagi pahlawan COVID-19 berasal dari sumbangan para donatur alias non–APBD.

"Ini adalah dari kebaikan para donatur. Jabar Bergerak hanya menjadi kepanjangan tangan dari mereka. Kebaikan hati para donatur itu sudah selayaknya diterima dengan hati juga," kata Atalia.

Selain Dayat, Jabar Bergerak juga menobatkan Pahlawan COVID-19 kepada Sujono (34) relawan di Puskesmas Padasuka, Kota Bandung.

Sujono merupakan satu di antara 886 peserta program Modis (Motor Idaman Gratis) yang juga digagas Jabar Bergerak. Sujono sendiri direkomendasikan dua petugas Puskesmas Padasuka. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Nakes Hingga TNI-Polri Bisa Melintas di 100 Titik Penyekatan Jakarta

#Pahlawan #Jawa Barat #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan