Berkas Masuk Kejaksaan, HS Pengancam Penggal Jokowi Batal Bebas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono. (MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Polisi sudah merampungkan berkas kasus tersangka pengancam penggal kepala Joko Widodo, Hermawan Susanto. Saat ini, berkasnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

"Berkas perkara sudah dikirim ke kejaksaan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Jumat (12/7).

BACA JUGA: HS Pengancam Penggal Jokowi Terancam Bebas

Nantinya, kata Argo, Kejati DKI Jakarta akan memeriksa berkas tersebut. Jika berkas kasus dipastikan lengkap, maka polisi diminta segera menyerahkan tersangka dan barang bukti agar kasus segera masuk ke persidangan.

Pernikahan Hermawan Susanto, pria yang ancap gorok Jokowi. (MP/Kanugrahan)
Pernikahan Hermawan Susanto, pria yang ancap gorok Jokowi. (MP/Kanugrahan)

BACA JUGA: Pria yang Ancam Penggal Kepala Jokowi Nikah di Penjara

Tapi, apabila berkas kasus nyatanya belum lengkap maka berkas akan dikembalikan ke kepolisian. Hal itu agar polisi bisa segera memperbaikinya.

Argo melanjutkan, karena berkas sudah mau dilimpahkan, nampaknya tak ada lagi pemeriksaan yang akan dilakukan terhadap Hermawan. Dan ia juga menyebut bahwa pemeriksaan terhadap yang bersangkutan sejauh ini sudah cukup. "Kapan persis tanggalnya, saya cek penyidik dulu," katanya.

BACA JUGA: Hukuman Mati untuk Pengancam Penggal Kepala Jokowi

Sebelumnya, polisi menetapkan Hermawan Susanto sebagai tersangka menyusul aksi pengancaman terhadap Jokowi. Ancaman pemenggalan kepala itu disampaikan saat berdemonstrasi di kantor Badan Pengawas Pemilu, Jumat, 10 Mei 2019.

Dalam kasus ini, polisi akhirya menangkap pemuda itu saat bersembunyi di rumah kerabatnya di kawasan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, 12 Mei 2019.

Atas perbuatannya itu, Hermawan dijerat Pasal 104 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP, Pasal 336 dan Pasal 27 Ayat 4 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. (Knu)


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH