Berkah Menjadi Seorang Streamer

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 23 November 2022
Berkah Menjadi Seorang Streamer
Menjadi seorang streamer harus memiliki alat-alat untuk melakukan siara video langsung. (Foto: pexels/Rodnae Productions)

“HALO guys jangan lupa gift-nya, ya”. Kalimat ini sering diucapkan oleh streamer saat melakukan siaran video langsung. Ini profesi baru yang muncul lantaran perkembangan teknologi komunikasi.

Streamer adalah orang yang melakukan suatu hal sambil melakukan siaran secara langsung melalui platform live streaming yang ada.

Tak jarang, kata-kata unik yang kemudian jadi tren keluar dari mulut streamer. Kebanyakan mereka memang jago mencari dan mengolah kata. Hingga mendapatkan perhatian para penonton.

Namun, di balik ketenaran itu, seorang streamer nyatanya punya keluh kesah juga, loh. Seperti harus memikirkan konten menarik agar bisa mendapatkan banyak penonton, pandai membangun suasana, dan menyiapkan properti-properti siaran. Ya, itulah risiko pekerjaan. Harus mikir dan capek.

Baca juga:

Berkah Night Owl yang Produktif Kala Malam Tiba

berkah jadi streamer
Seorang streamer harus pandai untuk menarik perhatian penonton. (Foto: Pexels/Rodnae Productions)

Selain keluh-kesah dan tantangannya, ada pula berkah yang diperoleh dari jadi streamer. Misalnya beberapa berikut ini.

1. Terkenal

Menjadi seorang streamer bisa membuatmu terkenal loh. Ini karena saat kamu melakukan siaran video langsung, orang banyak dapat menjangkau oleh teman-teman terdekatmu saja. Tak hanya oleh teman-teman atau kenalanmu, tapi juga dari orang daerah terpencil tanpa harus memfollow akunmu.

Followers yang kamu dapatkan juga tentunya bisa menjadi semakin banyak. Bahkan tidak hanya followers di aplikasi tempatmu melakukan video siaran langsung saja, melainkan juga akun-akun media sosialmu lainnya juga bisa ikut bertambah followers-nya.

Saat kamu pergi keluar rumah, terkadang banyak fan atau pengikutmu yang mengenalimu dan kemungkinan akan meminta foto bareng kamu.

2. Di-endorse

Apabila kamu seorang streamer yang bisa membuat konten yang menarik, tentu akan menarik minat banyak orang. Dengan begitu, banyak perusahaan atau online shop yang akan meng-endorse-mu.

Biasanya kamu akan diminta mengiklankan brand mereka dengan ciri khas yang sering kamu tampilkan saat melakukan siaran video langsung.

Baca juga:

Berkah Jadi Anak Tunggal

berkah jadi streamer
Kamu bisa mendapatkan gaji bulanan dan gaji tambahan untuk memenuhi kebutuhan kamu. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

3. Dapat Gaji Bulanan

Serupa pekerjaan lainnya, ketika kamu masuk ke dalam sebuah agensi, seorang streamer juga mendapatkan gaji bulanan loh. Tentunya gaji bulanan yang kamu dapat sesuai kesepakatanmu dengan agensi.

Biasanya, gaji tersebut juga diberikan sesuai dengan ketentuan siaran yang dilakukan. Misalnya, dalam sehari kamu harus melakukan streaming selama beberapa jam dan kamu harus memenuhi kuota tersebut.

4. Dapat Gaji Tambahan

Ketika melakukan siaran video langsung, kamu akan mendapatkan gift dari para penonton setiamu. Gift tersebut bisa ditukar dengan uang. Meskipun saat dicairkan hasilnya akan dipotong dengan biaya aplikasi, uang tersebut bisa menjadi gaji tambahanmu. Oleh karena itu, buatlah konten yang menarik dan seru agar bisa membuat penonton terhibur dan memberikan kamu gift sebanyak-banyaknya.


Bagaimana, mulai tertarik menjadi seorang streamer? (yos)

Baca juga:

Menakar Makan, Berkah Jadi Sehat

#November Warga +62 Banjir Berkah
Bagikan
Bagikan