Berkah Menjadi Jomblo

Febrian AdiFebrian Adi - Jumat, 11 November 2022
Berkah Menjadi Jomblo
Banyak berkah menjadi jomblo. (Foto: Pexels/Pixabay)

“KAMU dimana, dengan siapa, semalam berbuat apa?

Sebait lirik lagu "Yolanda dari Kangen Band ini rasanya lumrah dirasakan oleh mereka yang memiliki pasangan. Pertanyaan tersebut sering muncul melebihi waktu makan tiga kali sehari kebanyakan orang.

Hal ini kerap kali menganggu waktu pribadi atau me time. Rasanya sayang waktu hanya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ‘kurang penting’ dari pasangan tersebut. Sebaliknya, mereka yang jomblo atau tengah sendiri memiliki berkah tersendiri dalam menjalani hidupnya.

Baca juga:

Berkah Putus dari Hubungan Toksik

Hari ini, 11 November, dijadikan perayaan Hari Jomblo Sedunia. Perayaan hari jomblo ini pertama kali ditetapkan di Tiongkok ketika para jomblo di negeri bambu tersebut menunjukkan kebanggaan mereka pada status lajang.

Tidak hanya membanggakan, menjadi jomblo tentu saja menjadi berkah sendiri bagi orang-orang yang memiliki status ini. Bila ditelisik lebih dalam, banyak sekali berkah yang bisa kalian rasakan ketika memutuskan untuk sendiri. Blessing in disguise atau berkah terselubung.

1. Lebih Hemat dalam Pengeluaran

Menjadi jomblo bisa membuatmu lebih berhemat. (Foto: Pexels/Pixabay)

Banyak orang yang memiliki pasangan akan menghabiskan uang atau gaji mereka untuk membahagiakan pasangannya seperti traktir makan, nonton bioskop, membeli hadiah, dan sebagainya. Namun, terkadang hal itu bisa membuat kantong boros sampai lupa untuk memanjakan diri sendiri.

Padahal diri kita pun juga butuh dimanjakan atau diberikan self-reward. Bentuknya merentang dari koleksi piringan hitam, koleksi action figure, sampai menonton konser dari band idola atau apapun yang membuatmu lebih bahagia.

2. Mengenal Diri Sendiri

Menjadi jomblo bisa membuatmu mengenal lebih dalam diri sendiri. (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

Terkadang ketika kita fokus membahagiakan pasangan biasanya kita lupa mengenal diri sendiri. Ini berbeda dari nasib jomblo.

Mereka lebih punya waktu untuk eksplorasi dan mengenal diri sendiri. Mereka bisa melakukan perjalanan yang tak semua orang bisa lakukan, yaitu menjelajahi diri sendiri sampai menemukan siapa dirinya

Dari sekian banyak hubungan yang gagal dapat membuatmu memiliki waktu untuk merefleksikan diri dan tumbuh. Hal ini membuatmu mampu menganalisis perilaku diri sendiri dan lebih memahami apa yang diinginkan. Dengan begitu, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga:

Cegah Kantong Bocor, Hindari Kalap saat Banjir Promo

3. Lebih Dekat dengan Keluarga atau Bestie

Banyak waktu yang bisa kamu habiskan bersama keluarga dan teman ketika kamu jomblo. (Foto: Pexels/Min An)

Tak dimungkiri, banyak kasus ketika kamu memiliki pasangan waktumu akan lebih dihabiskan bersamanya. Hingga membuatmu hanya memiliki sedikit waktu, bahkan tidak sama sekali, untuk keluarga atau teman dekat (bestie).

Berkah lainnya ketika jomblo adalah bisa lebih meluangkan waktu. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga keluarga dan teman dekat.

Kalau orang berpasangan, kemungkinan untuk nongkrong bareng teman harus meminta izin dulu ke doi. Jomblo tidak perlu begitu-begituan. Kamu bisa secara bebas menentukan waktumu untuk dihabiskan dengan siapa dan dimana saja.

4. Menjadi Lebih Sehat

Jadi jomblo menghindarkan berbagai drama yang bisa membuatmu pikiranmu lebih sehat. (Foto: Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Percaya atau tidak, menurut sebuah survei yang dilakukan terhadap 2000 orang di Amerika Serikat pada 2017, orang yang melajang memiliki waktu tidur lebih panjang dibandingkan mereka yang berpasangan, yaitu sekitar 7,13 jam per malam.

Tidak hanya waktu tidur yang menjadi cukup, berkah orang jomblo adalah tidak harus memikirkan hal-hal yang bisa menganggu pikiranmu seperti hal drama dari pasangan. Jadi, pikiranpun menjadi lebih sehat. (far)

Baca juga:

Kenapa Banyak Orang Mendapat Banjir Ide Saat di Kamar Mandi?

#November Warga +62 Banjir Berkah
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan