Berjenggot Itu Sehat Jenggot dapat menyaring udara kotor yang masuk melalui tenggorokan (Foto: pixabay)

SEBAGIAN orang beranggapan memiliki jenggot itu terkesan tidak rapi dan kotor. Di sisi lain, jenggot justru menjadi gaya tersendiri yang dianggap keren bagi sebagian besar pria. Ternyata, berjenggot itu sehat, lho Sahabat MerahPutih! Penasaran kenapa? Berikut 4 manfaat yang didapat dengan menumbuhkan jenggot.

1. Memperlambat proses penuaan kulit

Terpapar sinar UV matahari secara langsung membuat wajah cepat keriput dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Jenggot yang melekat di dagu Anda bisa menghalangi 90-95 persen sinar UV. Semakin tebal jenggot maka semakin kuat perlindungannya.

2. Mencegah penyakit tenggorokan

Bagi yang sering mengalami gangguan tenggorokan, jenggot juga dapat mencegah penyakit tenggorokan. Jenggot membantu melindungi mulut dari bakteri di udara.

3. Menyaring zat alergi

Sama halnya dengan bulu hidung yang berfungsi menyaring udara kotor. Tanpa jenggot, udara kotor akan masuk begitu saja tanpa tersaring. Zat alergi dari udara akan terhalang atau tersaring dengan jenggot yang Anda miliki.

4. Menghangatkan

Saat berada di wilayah dingin, memiliki jenggot akan membuat Anda lebih hangat. Virus yang berkembang di udara dingin juga akan terhalang dengan jenggot. Tebalkan jenggot jika ingin terlindungi dari penyakit cuaca dingin, seperti pilek.

Itulah manfaat dari jenggot. Tidak perlu merasa berantakan, karena banyak juga wanita yang suka dengan pria berjenggot, lho! Untuk membantu merangsang pertumbuhan jenggot, Anda dapat menggunakan minyak kemiri. (*)

Baca juga artikel Tips Makan Aman Buat Para Pria Berewokan.



Ikhsan Digdo

YOU MAY ALSO LIKE