Keren, Gitar ini Bisa Berubah Warna Sesuai Keinginan Gitar berisi cairan yang dapat berubah warna dalam hitungan menit. (Foto: newatlas)

GITAR keren yang bisa berubah warna pastilah bakal keren dipakai. Itulah yang dipikirkan para pekerja di Bryan Guitars. Mereka mencari inovasi untuk membuat gitar yang dapat berubah warna. Setelah lebih dari 30 tahun tahap pengembangan, kini bisnis keluarga ini siap untuk menawarkan gitar berisi cairan kepada para gitaris.

Gitar Seri DC ini dibuat dengan mengumpulkan dana untuk biaya produksi melalui Kickstarter. Ada dua gitar yang siap untuk dibuat. Setiap bodi gitar berisi cairan yang dapat berubah warna dalam hitungan menit jika digoyangkan.

Bodi gitar ini terbuat dari plastik bening dan berlubang. Cara mengubah warna gitar ialah dengan melepaskan steker khusus di bagian tepi belakang bawah, menguras cairan yang ada lalu mengisi ulang dengan warna baru.

Baca juga:

Gitar “Sun Sessions” Martin D-18 Tahun 1942 eks Elvis Presley, Laku Rp19,2 miliar

1
Menggunakan cairan ramah lingkungan tanpa meninggalkan noda. (Foto: dientutiendung)

Pada prototipe awal, ada masalah noda yang dihadapi para kreator. Namun, kini para perancang telah mengembangkan cairan tidak beracun dan ramah lingkungan. Cairan ini tidak meninggalkan bekas secara permanen di dalam bagian bodi saat dikeluarkan. Minyak berwarna juga tersedia. Itu memungkinkan pemain mencampurkan dengan air. Selain itu, ada juga pilihan untuk tidak mengisi penuh ruang pada gitar, untuk mendapatkan gitar dengan gerakan ombak ala selancar.

Dilansir New Atlas, secara alami, semua komponen kelistrikan instrumen dijauhkan dari cairan. Walaupun bodinya tidak memiliki corak kayu, mereka yang mencobanya saat debut pertunjukan NAMM dilaporkan terkesan dengan corak bodinya yang utuh.

Kedua gitar yang diluncurkan di Kickstarter memiliki bodi double cutaway ganda seperti gitar Strat glossy yang dibuat dari PETG. Prototipe aslinya memiliki bobot yang lumayan berat, untuk model yang didesain ulang memiliki berat 3,1-4 kg.

Baca juga:

Wow, Gitar Kurt Cobain Laku Terjual Rp 85 Miliar

2
Distribusi dimulai Januari 2021. (Foto: newatlas)

DC Standard dilengkapi maple bolt-on neck topped rosewood atau maple fingerboard dengan 22 fret medium. Untuk pickup neck dan bridge keduanya menggunakan merek Humbucker, yang bisa aktif atau pasif. Murnya berbahan sintetis, ada hardware krom menyeluruh, dan tersedia pelindung bodi berwarna hitam atau putih. Harga gitar ini mulai dari US$ 549 atau sekitar Rp8,1 juta, tidak termasuk koper gitar.

Sementara itu, model Elite memiliki konfigurasi bodi, neck, dan pickup yang serupa, tapi dilengkapi tremolo sebagai pengganti fixed bridge. Model ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp12,5 juta. Model ini memiliki pilihan warna yang lebih banyak untuk pickguard, dan dilengkapi koper.

Semua instrumen akan hadir dengan satu warna cairan atau minyak. Mungkin akan lebih banyak lagi tersedia untuk pembelian langsung di Bryan Guitars. Kalau rencana berjalan mulus, tahap pengiriman akan dimulai pada Januari 2021. (lgi)

Baca juga:

Blue Angel, Gitar langka Prince Dihargai Rp7,3 Miliar

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH